KOMARIAH, SITI (2022) Pengembangan modul pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di kabupaten pati untuk sekolah dasar kelas atas. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (445kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (222kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (324kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengidentifikasi kebutuhan guru terhadap modul pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di Kabupaten Pati untuk Sekolah Dasar kelas atas; (2) mengembangkan modul pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di Kabupaten Pati untuk sekolah dasar kelas atas; (3) menguji kelayakan modul pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di Kabupaten Pati untuk sekolah dasar kelas atas; (4) menganalisis keefektifan modul pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di Kabupaten Pati untuk sekolah dasar kelas atas. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 5 Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Produk dari penelitian dan pengembangan ini berupa modul tentang pendidikan karakter yang berbasis kearifan lokal. Penelitian ini dilaksanakan sampai tujuh langkah, yaitu : (1) analisis kebutuhan, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi oleh ahli, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) produksi (penggandaan produk). Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan menggunakan penghitungan presentase respon guru dan siswa untuk menganalisis keefektifan buku modul pendidikan karakter. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) berdasarkan analisis kebutuhan modul pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di Kabupaten Pati untuk sekolah dasar kelas atas sangat dibutuhkan oleh guru karena mengandung pendidikan karakter dan kearifan lokal. 2) Produk modul yang dikembangakan layak digunakan untuk materi pengembangan pendidikan karakter di sekolah dasar khususnya kelas atas. 3) kelayakan tersebut didasarkan atas hasil validasi oleh ahli dan penilaian uji coba produk oleh guru. 4) keefektifan modul dapat terlihat dari presentase siswa rata-ratanya 85,48% dan respon guru rata-ratanya 85,13% dengan kategori respon yang tinggi. Dari penelitian ini disarankan bahwa: 1) siswa perlu mengaplikasikan pendidikan karakter yang ia peroleh melalui pembiasaan. 2) guru sebaiknya memberikan keteladanan yang baik dan membimbing siswa serta memotivasi dalam kegiatan pendidikan karakter, 3) sekolah memfasilitasi kegiatan pendidikan karakter supaya berjalan dengan konsisten dan terus menerus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Murtono, M.Pd 2. Dr. Mohammad kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, Modul |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar Pendidikan > Buku-buku acuan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 08:22 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 08:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16087 |
Actions (login required)
View Item |