Pengaruh pemberian umpan balik dan teknik modeling terhadap karakter integritas siswa kelas vi sekolah dasar gugus sudirman kecamatan pulokulon kabupaten grobogan”. tesis. program studi magister pendidikan dasar konsentrasi pgsd

PRADANA, ANGGA GADING (2022) Pengaruh pemberian umpan balik dan teknik modeling terhadap karakter integritas siswa kelas vi sekolah dasar gugus sudirman kecamatan pulokulon kabupaten grobogan”. tesis. program studi magister pendidikan dasar konsentrasi pgsd. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
1. Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (804kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) menganalisis pengaruh pemberian umpan balik dan teknik modeling terhadap pendidikan karakter siswa di Sekolah Dasar; (2) menganalisis besarnya pengaruh pemberian umpan balik dan teknik modeling terhadap pendidikan karakter siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain Nonequivalent Control Grup Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di Gugus Sudirman Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Teknik pemilahan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 53 siswa dari SDN 1 Sembungharjo dan SDN 4 Sembungharjo. Pengumpulan data dengan teknik wawancara dan angket (Skala Likert). Data yang diperoleh akan dianalisis dengan uji t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances. untuk mengetahui variabel independen (X1, X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependen (Y). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian umpan balik dan teknik modeling terhadap karakter siswa menggunakan uji N-Gain. Hasil analisis pengaruh pemberian umpan balik dan teknik modeling terhadap karakter integritas siswa Sekolah Dasar menggunakan uji t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances thitung diperoleh hasil -29,21555057. Selanjutnya membandingkan dengan ttabel. Jumlah kelas kontrol (n1) dan kelas eksperimen (n2) adalah 53, maka (n1+ n2) – 2 = 51. Taraf signifikan a = 5% (0,05), maka diperoleh ttabel sebesar 1,67528495. interpretasi data dapat ditarik kesimpulan karena thitung < ttabel maka terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata karakter integritas siswa kelas kontrol dengan rata-rata karakter integritas siswa kelas eksperimen. Setelah dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji N-Gain untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh pemberian umpan balik dan teknik modeling terhadap karakter integritas siswa Sekolah Dasar. Dari uji N-Gain diperoleh hasil sebesar 0,62 pada kategori sedang. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa pemberian umpan balik dan teknik modeling memberikan pengaruh yang positif terhadap karakter integritas siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: I) Dr. Moch Widjanarko, M.Si. II) Dr. Erik Aditia Ismaya, MA.
Kata Kunci: Umpan Balik, Teknik Modeling, Karakter Integritas
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:43
Last Modified: 24 Mar 2022 02:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16108

Actions (login required)

View Item View Item