Purwanto, Eko (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe animate pada materi kubus dan balok siswa kelas v sd gugus sunan langgar sluke rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (382kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (226kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (229kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (761kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Animate materi kubus dan balok pada siswa kelas V SD (2) Menganalisis kelayakan hasil pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Animate materi kubus dan balok pada siswa kelas V SD (3) Menganalisis kepraktisan pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Animate materi kubus dan balok pada siswa kelas V SD, (4). Menganalisis keefektifitas pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Animate untuk peningkatan hasil belajar matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas V SD Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang terdiri atas 10 langkah. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V Gugus Sunan Langgar di 4 SD yaitu SDN Sanetan, SDN Langgar, SDN Rakitan, SDN Sluke, di Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang pada semester ganjil 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan interview (wawancara), Kuisioner (angket) dan tes. Uji keabsaham data terdiri dari uji validitas produk dan validitas instrumen. Sedangkan teknik analisis data uji prasyarat analisis (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesisi (indepentent sample t test dan paireid indepentent sample t test) Hasil penelitian adalah 1) pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Animate berdasarkan analisis kebutuhan media pembelajaran daring dimasa pandemi. Pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Animate berisi materi kubus dan balok terdiri dari visual dan gambar yaitu gambar, suara dan video. 2) terdapat kelayakan hasil pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Animate dengan penilaian dari ahli materi dan ahli media dalam kriteria layak, 3) terdapat kepraktisan pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Animate sesuai hasil respon siswa dan guru dalam kriteria sangat praktis.4) terdapat efektifitas pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Animate untuk peningkatan hasil belajar matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas lima sekolah dasar. Berdasarkan hasil ujicoba terbatas dan ujicoba luas dengan hasil sig hitung > taraf signifikansi (0,00 < 0,05) Kesimpulannya adalah pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Animate efektif digunakan untuk peningkatan hasil belajar matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas lima sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Rismiyanto, M.Pd 2. Dr. Sumaji, M.Pd |
Kata Kunci: | Media Pembelajaran, Adobe Animate, Kubus dan Balok |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:43 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16109 |
Actions (login required)
View Item |