Partilah, Partilah (2022) Pengembangan media pembelajaran literasi aksara berbasis permainan bowling huruf untuk meningkatkan keaksaraan awal anak usia dini di kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (460kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (241kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (352kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran literasi aksara (2) Merumuskan desain pengembangan permainan bowling huruf (3) Menganalisis kelayakan media pembelajaran literasi aksara berbasis permaina bowling huruf untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usi 5-6 tahun di Rembang (4) Menganalisis keefektifan media pembelajaran literasi aksara berbasis permainan bowling huruf untuk meningkatkan usia 5-6 tahun di Rembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Researt & Development yang dikemukakan oleh Borg and Gall dengan 10 tahapan. Populasi dalam penelitian ini anak TK kelompok B di kabupaten Rembang. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi 2 Desa Kaliapang, TK Pertiwi 1 Desa Kaliapang dan TK Pertiwi Sumbermulyo yang semua berjumlah 45 anak . Tehnik pengumpulan data menggunakan obsevasi, angket , wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, uji persyaratan dan uji t. Hasil penelitian 1) diperlukan media pembelajaran literasi aksara untuk dapat mengembangkan kemampuan keaksaraan awal anak. 2) Pengembangan media pembelajajran literasi aksara berbasis permainan bowling huruf yang dapat mengembangkan keaksaraan awal anak sebagai media permainan anak. 3) Media pembelajarann literasi aksara berbasis permainan bowling huruf berdasarkan hasil validsi ahli materin dan ahli media dinyatan layak untuk meningkatkan keaksaraan awal anak. 4) Pengembangan permainna bowling huruf efektif digunakan untuk mmeningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun di kabupaten Rembang dengan uji t sebesar 21.189 dan t tabel sebesar 4,381 maka atau 21.189>4,381. Sedangkan nilai Ngain sebesar 71 dalam kategoroi efektif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (1) Dr. Mochammad Widjanarko, M.Si (2) Dr. Santoso, M.Pd |
Kata Kunci: | Literasi aksara, Permainan Bowling Huruf. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan anak usia dini Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:53 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:53 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16113 |
Actions (login required)
View Item |