Jannah, Miftahul (2022) Gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (903kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (210kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (260kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa sekolah dasar, menganalisisgerakan literasi sekolah pada kelas V dan kelas II dan faktor pendukung dan penghambat gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca di SD Negeri Margotuhu Kidul. Kegiatan literasi sekolah pada masa pandemi covid-19ini ditunjukkan untuk menumbuhkan minat baca pada siswa, sehingga mendorong penelitiuntuk menganalisis masalah tersebut. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptifsebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Peneliti mengambil subjek penelitian kepala sekolah, guru kelas V dan guru kelas II. Peneliti menggunakan pengumpulan data meliputi wawancara, pencatatan, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa sekolah dasar di SD Negeri Margotuhu Kidul menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SD Negeri Margotuhu Kidul sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 yang masih pada tahapan pembiasaan yaitu melalui adanya kegiatan pembiasaan 15 menit membaca, sudut baca dan mading. (2) Faktor pendukung gerakan literasi sekolah di SD Negeri Margotuhu Kiduladanya peran aktif seluruh warga sekolah yang ikut dalam gerakan literasi kemudian adanya dukungan dana sekolah dari pihak luar, tersedianya sudut baca ditiap masing-masing kelas, serta dapat dukungan dari orangtua siswa. Faktor penghambatnya pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SD Negeri Margotuhu Kidul adanya koleksi buku bacaan seperti non-pelajaran maupun buku pelajaran di perpustakaan maupun di sudut baca yang sangat terbatas dan adanya pengaruh teknologi seperti gadget yang membuat parasiswa lebih menyukai bermain HP daripada pergi ke perpustakaan untuk membaca buku. Solusi penyelesaian masalah yaitu dengan mengadakan inovasi program baru untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa dan memperbanyak koleksi buku di taman baca dan pojok baca kelas
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (1) Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd (2) Much A. Fardani, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Membaca (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 04:59 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 04:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16129 |
Actions (login required)
View Item |