Analisis kecerdasan naturalis pada siswa sekolah dasar di desa pladen

Pangesti, Windi Desiana (2022) Analisis kecerdasan naturalis pada siswa sekolah dasar di desa pladen. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Keseimbangan alam dan lingkungan diperlukan kepekaan seseorang dalam memelihara dan mengatasi alam, sehingga penting dalam mengenali dan menganalisa kecerdasan naturalis berawal dari seorang anak. Kurangnya kepekaan dan kepedulian terhadap tumbuhan dan hewan mengindikasikan kecerdasan naturalis yang tidak baik sehingga perlu diperhatikan. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui pada siswa di Desa Pladen, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kecerdasan naturalis siswa di Desa Pladen dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kecerdasan naturalis siswa tersebut. Kecerdasan naturalis siswa merupakan kepekaan dan kepedulian siswa terhadap alam, kelangsungan hidup hewan, tumbuhan, dan kemampuan atau usaha siswa untuk melestarikan makhluk hidup atau lingkungan. Indikator kecerdasan naturalis dapat ditunjukkan pada sikap atau respon siswa melihat dan memperlakukan hewan, tumbuhan atau bahan alam (air, pasir, tanah, batu, atau kayu). Melalui kecerdasan naturalis siswa diharapkan mampu mengawali tertatanya keseimbangan alam. Munculnya sikap dan kepekaan yang berarti bagi lingkungan untuk sekarang hingga masa depan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian telah dilaksanakan di Desa Pladen, dengan subjek penelitian siswa dari usia 7th sampai 12th berjumlah enam siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif dengan model tahapan menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat siswa yang tanggap menjaga alam, memiliki kesungguhan memelihara alam dengan merawat tanaman, memelihara hewan, dan mempunyai minat terhadap bahan alam. Terdapat siswa yang kerap memotong atau merusak tanaman dan kurang menjaga kebersihan lingkungan oleh beberapa siswa di Desa Pladen. Kesimpulannya bahwa kecerdasan naturalis oleh sebagian besar siswa di Desa Pladen menunjukkan mereka menanggapi alam (hewan, tumbuhan, dan bahan alam). Terdapat kebiasaan siswa yang kurang peduli pada tumbuhan. Terdapat faktor kesehatan dan faktor lingkungan siswa. Faktor-faktor tersebut mempengaruhi tindakan ataupun respon siswa terkait kecerdasan naturalisnya di Desa Pladen. Lingkungan siswa sangat berpengaruh, terdiri dari pengaruh orang tua dan teman sebaya sebagai orang terdekat siswa. Hendaknya keluarga dan teman memberi pengaruh yang baik untuk menjaga kelangsungan hidup hewan, tanaman dan kelestarian alam. Supaya setiap siswa memiliki dasar yang baik untuk peduli, tertarik untuk melestarikan alam.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (I) Fina Fakhriyah, S.Pd, M.Pd. (II) M. Syaffruddin K, S.Si, M.Or
Kata Kunci: Kecerdasan naturalis, Faktor kecerdasan naturalis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:05
Last Modified: 25 Mar 2022 07:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16145

Actions (login required)

View Item View Item