Zuliati, Zuliati (2022) Pengaruh kreativitas dan motivasi guru dalam peningkatan self efficacy siswa pada materi pembulatan bilangan kelas iv sd di gugus pangeran diponegoro kabupaten demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (633kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (116kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (15kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (112kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan self efficacy siswa, mengetahui pengaruh motivasi guru dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan self efficacy siswa dan mengetahui pengaruh dari kreativitas dan motivasi yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan self efficacy siswa pada materi pembulatan bilangan kelas IV Sekolah Dasar. Self efficacy merupakan keyakinan seseorang akan kemampuannya untuk mengatur dan melaksanakan serangkaian tindakan yang dibutuhkan dalam rangka menghasilkan suatu pencapaian yang diharapkan. Self-efficacy berperan sebagai motivator utama terhadap keberhasilan seseorang. Siswa yang memiliki self-efficacy yang tinggi akan lebih mungkin mengerjakan aktivitas yang dia yakini. Self efficacy yang tinggi berpengaruh positif terhadap prestasi akademik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Pengumpulan data menggunakan angket atau angket. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket yang berupa skala likert. Uji validitas instrumen menggunakan Rumus Pearson Product moment, sementara uji reliabilitas instrument menggunakan Rumus Cronbach Alpha. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi. Uji Hipotesis dilakukan melalui uji regresi. Hasil penelitian terdapat pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap self efficacy siswa pada pelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar sebesar 50,8% atau 0,508. Pengaruh motivasi guru terhadap self efficacy siswa sebesar 0,425 atau 42,5%. Pengaruh kreativitas dan motivasi guru dalam pembelajaran terhadap self efficacy siswa pada pelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar sebesar sebesar 0,647 atau 64,7 dengan nilai korelasi sebesar 0,809 dalam katagori kuat. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kreativitas dan motivasi oleh guru dapat meningkatkan self efficacy siswa pada mata pelajaran matematika materi pembulatan bilangan kelas IV Sekolah Dasar. Oleh sebab itu guru perlu meningkatkan kualitas diri untuk memicu kreativitas dan motivasi dalam pembelajaran serta dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | I) Dr. Sri Surachmi W,M. Pd., II) Dr. Sumaji, M. Pd. |
Kata Kunci: | Kreativitas Guru, Motivasi Guru, Self Efficacy Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar Ilmu Murni > Matematika Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 09:28 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 09:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16153 |
Actions (login required)
View Item |