Pengaruh kreativitas dan motivasi guru dalam peningkatan self efficacy siswa pada materi pembulatan bilangan kelas iv sd di gugus pangeran diponegoro kabupaten demak

Zuliati, Zuliati (2022) Pengaruh kreativitas dan motivasi guru dalam peningkatan self efficacy siswa pada materi pembulatan bilangan kelas iv sd di gugus pangeran diponegoro kabupaten demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan self efficacy siswa, mengetahui pengaruh motivasi guru dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan self efficacy siswa dan mengetahui pengaruh dari kreativitas dan motivasi yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan self efficacy siswa pada materi pembulatan bilangan kelas IV Sekolah Dasar. Self efficacy merupakan keyakinan seseorang akan kemampuannya untuk mengatur dan melaksanakan serangkaian tindakan yang dibutuhkan dalam rangka menghasilkan suatu pencapaian yang diharapkan. Self-efficacy berperan sebagai motivator utama terhadap keberhasilan seseorang. Siswa yang memiliki self-efficacy yang tinggi akan lebih mungkin mengerjakan aktivitas yang dia yakini. Self efficacy yang tinggi berpengaruh positif terhadap prestasi akademik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Pengumpulan data menggunakan angket atau angket. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket yang berupa skala likert. Uji validitas instrumen menggunakan Rumus Pearson Product moment, sementara uji reliabilitas instrument menggunakan Rumus Cronbach Alpha. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi. Uji Hipotesis dilakukan melalui uji regresi. Hasil penelitian terdapat pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap self efficacy siswa pada pelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar sebesar 50,8% atau 0,508. Pengaruh motivasi guru terhadap self efficacy siswa sebesar 0,425 atau 42,5%. Pengaruh kreativitas dan motivasi guru dalam pembelajaran terhadap self efficacy siswa pada pelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar sebesar sebesar 0,647 atau 64,7 dengan nilai korelasi sebesar 0,809 dalam katagori kuat. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kreativitas dan motivasi oleh guru dapat meningkatkan self efficacy siswa pada mata pelajaran matematika materi pembulatan bilangan kelas IV Sekolah Dasar. Oleh sebab itu guru perlu meningkatkan kualitas diri untuk memicu kreativitas dan motivasi dalam pembelajaran serta dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: I) Dr. Sri Surachmi W,M. Pd., II) Dr. Sumaji, M. Pd.
Kata Kunci: Kreativitas Guru, Motivasi Guru, Self Efficacy Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Ilmu Murni > Matematika
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Mar 2022 09:28
Last Modified: 25 Mar 2022 09:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16153

Actions (login required)

View Item View Item