Wafa, Ahmad Zaenul (2022) Pengembangan cubeside apps berbasis kemampuan pemecahan masalah siswa smp kelas vi. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (56kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (616kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (122kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Berdasarkan permasalahan yang ada di SMP N 1 Pati salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VII di SMP N 1 Pati rendah karena tidak adanya bahan ajar. Hasil survei siswa yang tertarik dan dinamis dalam belajar aritmatika hanya sebesar 34%, hal ini mempengaruhi rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII. Hal ini disebabkan karena tidak adanya materi yang ditampilkan, sebanyak 70% siswa membutuhkan media pembelajaran yang intuitif. Selain itu, hasil survei sebanyak 75% mahasiswa sangat tertarik untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan budaya yang ada di Pati. Poin-poin dari ujian ini adalah: (1) Membuat aplikasi cubeside dalam hal kemampuan berpikir kritis siswa kelas 7 SMP; (2) menguji keabsahan aplikasi cubeside berdasarkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 7 SMP; (3) menguji kewajaran penerapan kubus dalam kaitannya dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP. Penelitian Research and Development (R&D) ini dilaksanakan di kelas VII SMP N 1 Pati. Adapun langkah-langkah penelitian ini menggunakan model ADDIE antara lain: (1) Analyse; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data meliputi tes, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis proses pengembangan aplikasi, validasi aplikasi, serta kepraktisan aplikasi. Aplikasi Cubeside apps dibuat dengan 3 bagian, yaitu: presentasi, konten, dan penutup. Segmen substansi berisi berbagai highlight menarik, yaitu Unthinkable (Social Stories), MARKO (Materi Utama), TISA (Menyiapkan Soal), LAMAN (Free Practice), dan POLPEN (Profil Engineer). Keunggulan dari aplikasi Cubeside Apps ini adalah berisi mengenai kebudayaan disekitar yang menghubungkannya dengan materi bangun datar. Selain berbasis budaya, aplikasi Cubeside Apps juga berbasis kemampuan pemecahan masalah yang terdapat pada fitur LAMAN (Latihan Mandiri). Hasil validasi ahli materi dan ahli media secara berturut-turut bendapat skor 3,3 dan 3,5 dengan rata-rata 3,4 masuk dalam kriteria sangat valid. Hasil dari rata-rata validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi Cubeside Apps berbasis kemampuan pemecahan masalah layak digunakan. Hasil dari kepraktisan siswa dan guru secara berturut-turut mendapatkan skor 3,36 dan 3,05 yang masuk dalam kriteria praktis. Sehingga aplikasi Cubeside Apps mendapat respon yang baik dari para pendidik dan mahasiswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (1) Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd. (2) Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Cubeside Apps, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Sekolah Menengah Pertama |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 07:35 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 07:35 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16191 |
Actions (login required)
View Item |