Efektivitas model pembelajaran treffinger berbantuan arithmatic apps terhadap pencapaian kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa

Ulfiyati, Ulya (2022) Efektivitas model pembelajaran treffinger berbantuan arithmatic apps terhadap pencapaian kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (698kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran secara langsung menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan rendahnya pemahaman konsep matematis dan disposisi matematis siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil tes studi pendahuluan pada kelas VII C di SMP 5 Kudus, yang memperoleh rata-rata sebasar 12, dengan nilai tertinggi 46,6 dan nilai terendah 0. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) menguji perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis kelas yang diajarkan dengan model Treffinger berbantuan Arithmatic apps daripada rata-rata kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; 2) menguji model pembelajaran Treffinger berbantuan Arithmatic apps efektif dalam mencapai ketuntasan belajar;3) menguji pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Treffinger berbantuan Arithmatic apps. Jenis penelitian ini mengunakan kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk penelitian Quasi Experimental. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas VII C SMP 5 Kudus dengan subjek penelitian 30 siswa dan guru. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis, dan disposisi matematis siswa. Sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Treffinger berbantuan Arithmatic apps. Teknik pengumpulan data meliputi tes, angket, dan dokumentasi. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik kelas secara acak atau Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan antara lain analisis data yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, serta analisis data akhir yang meliputi uji t dua sampel independent, uji z satu sampel, dan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Treffinger lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung.2) proporsi siswa yang tuntas KKM setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger berbantuan Arithmatic apps tidak lebih baik dari 75%.3) isposisi matematis berpengaruh secara positif sebesar 78,6% terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Treffinger berbantuan Arithmatic apps. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Treffinger berbantuan Arithmatic apps terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (I) Ratri Rahayu, S.Pd, M.Pd. (II) Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd,
Kata Kunci: Model Pembelajaran Treffinger, Arithmatic apps, Kemampuan Pemahaman Konsep, dan Disposisi Matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Murni > Matematika
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:46
Last Modified: 28 Mar 2022 07:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16193

Actions (login required)

View Item View Item