Penerapan hukum terhadap kasus pemasang jebakan tikus di sawah dengan setrum yang menyebabkan orang lain meninggal dunia

ELANDI, DANI (2022) Penerapan hukum terhadap kasus pemasang jebakan tikus di sawah dengan setrum yang menyebabkan orang lain meninggal dunia. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
Hal. Judul dani.pdf - Published Version

Download (836kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview

Abstrak

Skripsi berjudul “PENERAPAN HUKUM TERHADAP KASUS PEMASANG JEBAKAN TIKUS DI SAWAH DENGAN SETRUM YANG MENYEBABKAN ORANG LAIN MENINGGAL DUNIA” bertujuan mengetahui penerapan hukum yang berlaku bagi pelaku pemasang jebakan tikus dengan setrum yang menyebabkan orang lain meninggal dunia, dan mengetahui penerapan dolus eventualis dalam putusan Nomor 235/Pid.B/2020/PN.Ngw tentang pelaku pemasang jebakan tikus di sawah dengan setrum yang menyebabkan orang lain meninggal dunia. Metode pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah yuridis normatif. Dalam hal teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data sekunder (bahan hukum primer, sekunder, dan tersier). Setelah data diperoleh, disusun secara sistematis dan dianalisis, sehingga diperoleh kejelasan permasalahan yang dibahas, selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Penerapan hukum kasus pemasang jebakan tikus di sawah dengan setrum yang menyebabkan orang lain meninggal dunia, dalam Putusan PN Ngawi NO:235/PID.B/2020/PN NGW, atas terdakwa Nicholas Aditya Fajar Ramadhan Bin Saidi berdasarkan alat-alat bukti dan fakta-fakta di depan persidangan, Majelis Hakim menilai terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan memenuhi unsur-unsur dalam Pasal 359 KUHP. Terdakwa dijatuhi pidana 6 bulan penjara. Penerapan dolus eventualis dalam Putusan No:235/Pid.B/2020/PN Ngw tentang pelaku pemasang jebakan tikus di sawah dengan setrum yang menyebabkan orang lain meninggal dunia dapat dilakukan karena, terdapat fakta-fakta dalam putusan tersebut antara lain telah ada larangan memasang jebakan tikus beraliran listrik, terdakwa mengetahui adanya larangan memasang jebakan tikus beraliran listrik, serta penggunaan mesin genset berdaya tinggi 2800 volt. Dengan alasan tersebut jika dihubungkan dengan teori billigend in kauf nehmen (Menerima Penuh Resiko), maka terdakwa harus menanggung apapun resiko yang terjadi atas apa yang telah ia perbuat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Iskandar wibawa, S.H., M.H. 2. Wiwit Ariyani, S.H., M.Hum.
Kata Kunci: Penerapan Hukum, Jebakan Tikus, Setrum
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum negara > Penelitian hukum. Bibliografi hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 May 2022 20:38
Last Modified: 16 May 2022 20:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16681

Actions (login required)

View Item View Item