Speech errors made by the student teachers in microteaching class of english education department at university of muria kudus

Yohani, Alifia (2022) Speech errors made by the student teachers in microteaching class of english education department at university of muria kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini mencakup kajian speech error di kelas Microteaching. Peneliti tertarik menganalisis topik tersebut karena memiliki dampak besar pada kelancaran mahasiswa saat berbicara. Dalam hal ini, mahasiswa dituntut untuk berbicara dengan jelas dan lancar dalam menjelaskan materi dalam waktu yang terbatas dan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, pembahasan terkait speech error selama praktek mengajar sangat penting karena dapat menunjukkan jenis speech error mana yang paling banyak dibuat oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis speech error yang dibuat oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus pada kelas Microteaching tahun ajaran 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah tuturan kata yang mengandung kesalahan. Dalam mengumpulkan data, peneliti menonton dan mendengarkan video, menulis transkrip video, kemudian mengidentifikasi data, dan memilah data berdasarkan jenis speech error. Peneliti menggunakan teori speech error oleh Clark and Clark. Peneliti mendapatkan hasil ada 9 jenis speech error dibuat oleh mahasiswa dengan frekuensi sebagai berikut: silent pause (14 atau 25.5%), filled pause (10 atau 18.2%), repeats (9 atau 16.4%), stutters (7 atau 12.7%), unretraced false start (7 atau 12.7%), retraced false start (3 atau 5.5%), correction (2 atau 3.6%), interjection (2 atau 3.6%), dan slip of tongue (1 atau 1.8%). Berdasarkan temuan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa mahasiswa masih kurang lancar dalam kemampuan berbicara mereka selama praktek mengajar karena speech error yang banyak dibuat adalah silent pause. Tetapi, justru ketika mahasiswa sering berhenti sejenak ketika berbicara, mereka cenderung lebih berhati-hati dengan setiap kata yang akan mereka ucapkan. Oleh karena itu, kesalahan slip of tongue menjadi yang paling sedikit.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dr.Rismiyanto,S.S.,M.Pd Dosen Pembimbing : 2.Dr.Ahdi Riyono,S.S.,M.Hum
Kata Kunci: Microteaching, Speech Error
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Dec 2022 18:34
Last Modified: 11 Dec 2022 18:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17096

Actions (login required)

View Item View Item