Yohani, Alifia (2022) Speech errors made by the student teachers in microteaching class of english education department at university of muria kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini mencakup kajian speech error di kelas Microteaching. Peneliti tertarik menganalisis topik tersebut karena memiliki dampak besar pada kelancaran mahasiswa saat berbicara. Dalam hal ini, mahasiswa dituntut untuk berbicara dengan jelas dan lancar dalam menjelaskan materi dalam waktu yang terbatas dan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, pembahasan terkait speech error selama praktek mengajar sangat penting karena dapat menunjukkan jenis speech error mana yang paling banyak dibuat oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis speech error yang dibuat oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus pada kelas Microteaching tahun ajaran 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah tuturan kata yang mengandung kesalahan. Dalam mengumpulkan data, peneliti menonton dan mendengarkan video, menulis transkrip video, kemudian mengidentifikasi data, dan memilah data berdasarkan jenis speech error. Peneliti menggunakan teori speech error oleh Clark and Clark. Peneliti mendapatkan hasil ada 9 jenis speech error dibuat oleh mahasiswa dengan frekuensi sebagai berikut: silent pause (14 atau 25.5%), filled pause (10 atau 18.2%), repeats (9 atau 16.4%), stutters (7 atau 12.7%), unretraced false start (7 atau 12.7%), retraced false start (3 atau 5.5%), correction (2 atau 3.6%), interjection (2 atau 3.6%), dan slip of tongue (1 atau 1.8%). Berdasarkan temuan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa mahasiswa masih kurang lancar dalam kemampuan berbicara mereka selama praktek mengajar karena speech error yang banyak dibuat adalah silent pause. Tetapi, justru ketika mahasiswa sering berhenti sejenak ketika berbicara, mereka cenderung lebih berhati-hati dengan setiap kata yang akan mereka ucapkan. Oleh karena itu, kesalahan slip of tongue menjadi yang paling sedikit.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1.Dr.Rismiyanto,S.S.,M.Pd Dosen Pembimbing : 2.Dr.Ahdi Riyono,S.S.,M.Hum |
Kata Kunci: | Microteaching, Speech Error |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 11 Dec 2022 18:34 |
Last Modified: | 11 Dec 2022 18:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17096 |
Actions (login required)
View Item |