Hati, Tityan Sari (2022) Register on Selling and Buying Through Online Shop of Shopee in 2022. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (799kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (584kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (33kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (253kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Register merupakan variasi bahasa yang terhubung dengan konteks sosial. Register dalam jual beli merupakan salah satu pembahasan sosiolinguistik yang menarik untuk dikaji. Salah satu bentuk register dalam interaksi jual beli dapat melalui promosi dan dialog tawar menawar antara penjual dan pembeli. Karena bahasa variasi yang unik dapat ditemukan dalam register jual beli di platform toko online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui register apa saja yang digunakan pada platform online shop Shopee 2022. Penelitian ini menggunakan teori sosiolinguistik. Fokus penelitian ini adalah register bentuk lingual dan fungsi sosial register. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksploratif. Penulis menggunakan dokumentasi dan observasi untuk mengumpulkan data. Data tersebut berupa paragraf, kalimat, dan kata-kata yang terdapat pada caption Shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa register bentuk lingual di Shopee 2022 diperoleh 53% berupa kata-kata dan 47% berupa frase. Dalam fungsi sosial terdapat tiga aspek yang ditemukan, yaitu fungsi persuasif, fungsi menginformasikan, dan fungsi mengingatkan. Persentase yang peneliti dapatkan dari fungsi sosial adalah 58% menggunakan fungsi persuasif, 32% menggunakan fungsi menginformasikan dan 10% menggunakan fungsi mengingatkan. Dapat disimpulkan bahwa register yang digunakan di Shopee banyak terdapat pada fungsi persuasif, karena tujuan dari fungsi tersebut adalah untuk menarik perhatian pelanggan dengan kata register agar pelanggan tertarik dan membeli produk tersebut.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1. Dr.Ahdi Riyono, S.S, M.Hum Dosen Pembimbing : 2.Dr. Sri Surachmi W, M.Pd |
Kata Kunci: | Register, Selling and Buying, Shopee |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 11 Dec 2022 20:17 |
Last Modified: | 11 Dec 2022 23:49 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17115 |
Actions (login required)
View Item |