Khoiriyati, Himmatul (2022) Pengaruh model stad berbantuan media scrapbook terhadap pemahaman konsep matematika kelas iv sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa efektif model pembelajaran STAD berbantuan media Scrapbook terhadap hasil pemahaman konsep matematika pada materi luas dan keliling bangun datar kelas IV SD Negeri Pekuwon. Permasalahan yang ditemukan yaitu siswa kesulitan mengaplikasikan rumus matematika, terlebih jika rumusnya terbalik. Sehingga pemahaman konsep siswa tidak hanya dapat mengetahui atau mengingat berbagai konsep yang telah dipelajarinya, tetapi juga menuangkannya ke dalam bentuk lain yang mudah dipahami. Model STAD adalah metode pembelajaran kooperatif dimana siswa belajar dalam kelompok kecil dengan tingkat kemampuan yang berbeda yang beranggotakan 4-5 orang siswa secara heterogen. Media Scrapbook merupakan media pembelajaran berbasis visual. Media Scrapbook adalah sebuah media pembelajaran yang berisi gambar atau foto dan tulisan yang menggunakan bahan kertas yang dihias sehingga menjadi karya kreasi kreatif. Pemahaman konsep adalah seseorang mampu mendefinisikan, membedakan, memberi contoh, dan menghubungkan suatu konsep dari apa yang diketahuinya dengan pengetahuan yang baru serta dapat mengaplikasikannya konsep tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu Pre-Exprerimental Design dengan one group pretest-postest. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pekuwon dengan populasi 27 siswa kelas IV SD Negeri Pekuwon. Teknik pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas data, uji N-Gain, dan uji paired t-test untuk uji hipotesis penelitian. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya peningkatan rata-rata nilai yang artinya ada pengaruh model STAD berbantuan Scrapbook terhadap pemahaman konsep matematika kelas IV SD. Hasil N-Gain kemampuan pemahaman konsep matematika siswa memiliki rata-rata 69,89 yang artinya pengaruh model STAD berbantuan Scrapbook terhadap kemampuan konsep matematika kelas IV SD dikategorikan N-Gain Score “sedang”. Untuk tingkat keefektifan menurut data tersebut mendapat rata-rata 69,89% yang artinya dikategorikan “cukup efektif”. Simpulan penelitian ini adalah metode STAD berbantuan media Scrapbook dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. saran untuk guru diharapkan dapat menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1.Much.Arsyad Fardani,M.Pd Dosen Pembimbing : 2.Diana Ermawati,M.Pd |
Kata Kunci: | STAD, Scrapbook, Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 18:48 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 18:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17150 |
Actions (login required)
View Item |