Peningkatan hasil belajar siswa melalui media quizizz berpaduan video youtube pada siswa kelas iv sd 1 gamong

Sari, Ratna Eka (2022) Peningkatan hasil belajar siswa melalui media quizizz berpaduan video youtube pada siswa kelas iv sd 1 gamong. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Gamong dengan diterapkannya media Quizizz berpaduan Video Youtube pada tema 7 di masa pandemi covid-19. (2) Menjelaskan peningkatan aktivitas belajar siswa berbantuan media Quizizz berpaduan Video Youtube pada tema 7 di SD 1 Gamong, dan (3) Menjelaskan penerapan media Quizizz berpaduan Video Youtube dapat meningkatan keterampilan mengajar guru pada siswa kelas IV SD 1 Gamong. Hasil Belajar merupakan perubahan tingkah laku atau kemampuan siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran. Media Quizizz merupakan media aplikasi yang didesain dengan menarik meliputi soal dan jawaban ganda. Serta video Youtube adalah suatu aplikasi yang menyajikan video yang dapat digunakan oleh guru untuk membagikan penjelasan materi pembelajaran melalui podcast ataupun animasi yang telah didesain. Adanya kedua media ini dapat menambah pemahaman siswa dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Gamong dengan subjek penelitian 12 siswa. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus, yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun variabel bebas yaitu media Quizizz dan video Youtube. Variabel terikat yaitu hasil belajar. Instrumen penelitian ini melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh pada peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan pada siklus I sebesar 50% dan siklus II sebesar 80%, pada aspek keterampilan siklus I sebesar 64% dan siklus II sebesar 81%. Sedangkan aspek sikap siklus I sebesar 70% dan siklus II sebesar 82%. Pada aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 70% dan siklus II sebesar 85%. Serta pada keterampilan guru mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 76% dan siklus II sebesar 86%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan media Quizizz dan video youtube dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Gamong. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media Quizizz dan video youtube dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Gamong. Maka disarankan dalam pembelajaran guru hendaknya memberikan media pembelajaran terbaru, dan menarik sesuai dengan kebutuhan materi dan pemahaman siswa, sehingga mampu meningkatkan hasil belajarnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dr.Nur Fajrie,S.Pd.,M.Pd Dosen Pembimbing : 2.Diana Ermawati,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Hasil belajar, Media Quizizz, Video Youtube.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 18:59
Last Modified: 12 Dec 2022 18:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17152

Actions (login required)

View Item View Item