Fachidah, Lisa Istifani (2022) Penerapan model problem solving berbasis android terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas v sd it al firdaus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika disebabkan karena pemilihan model pembelajaran yang digunakan kurang tepat menyebabkan kemampuan pemecahan masalah siswa rendah. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil rendahnya kemampuan pemecahan masalah yang ditemui di kelas V SD IT Al Firdaus. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar, kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan guru dalam menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbasis android pada mata pelajaran matematika materi jarak, waktu dan kecepatan. Problem Solving merupakan model pembelajaran untuk menganalisis permasalahan yang membuat peserta didik terdorong untuk mencari tahu, menganalis permasalahan kemudian menyelesaikannya baik secara individu maupun kelompok. Media berbasis android merupakan media pembelajaran yang didesain dalam bentuk aplikasi seperti game didalamnya berisi materi pelajaran dan kuis-kuis soal yang menggunakan smartphone. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SD IT Al Firdaus dengan subjek penelitian 31 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model problem solving berbasis android dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Pada hasil nilai pra siklus memperoleh nilai rata-rata 55,83 dengan presentase ketuntasan klasikal 16% dan siklus I mengalami peningkatan memperoleh nilai rata-rata 85,9 dengan presentase ketuntasan klasikal 96%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan hasil tes akhir siklus memperoleh nilai rata-rata 94,3 dengan presentase klasikal 100%. Kemudian terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru siklus I sebesar 75% dan siklus II menjadi 98%, selanjutnya aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata 87,5 dan siklus II memperoleh rata-rata 93,75. Penerapan model problem solving berbasis android dalam memecahkan permasalahan matematis pada proses pembelajaran sangat diperlukan karena model problem solving berbasis android dapat menunjang peningkatan pemecahan masalah matematis peserta didik khususnya dalam teori, maupun praktek dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dalam penerapannya guru harus benar-benar mengkondisikan peserta didik dengan baik dan terencana sehingga penerapan model problem solving berbasis android benar-benar tercapai. Penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model problem solving berbasis android di pelajaran lain yang sesuai, dengan mempersiapkan rancangan yang matang sehingga siswa dapat memecahkan permasalahan matematika.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing :1.Dr.Erik Aditia Ismaya,M.A Dosen Pembimbing :2.Savitri Wanabuliandari,M.Pd |
Kata Kunci: | Pemecahan Masalah Matematis, Problem Solving, Media Berbasis Android, Aktivitas Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 19:25 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 19:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17197 |
Actions (login required)
View Item |