Amalia, Adila (2022) Analisis konsentrasi belajar siswa pada Mata pelajaran ipa kelas v sd 5 bae. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan bagaimana konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA, faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi konsentrasi belajar, serta upaya guru mengatasi faktor penghambat konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD 5 Bae. Konsentrasi belajar merupakan kemampuan mengarahkan atau pemusatan pikiran terhadap suatu pelajaran yang diterima selama proses pembelajaran berlangsung. Rendahnya konsentrasi dalam merespon pembelajaran merupakan salah satu permasalahan dalam belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA yang memungkinkan terjadinya miskonsepsi, maka konsentrasi siswa perlu diperhatikan dalam proses belajar berlangsung untuk mencapai tujuan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi kasus, yang dilakukan pada semester genap 2022 dengan subjek penelitian yaitu 4 siswa kelas V yang diambil dengan mempertimbangkan kriteria kebiasaan siswa serta guru kelas V SD 5 Bae dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, display data serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V SD 5 Bae memiliki konsentrasi yang baik dalam pembelajaran IPA terlihat dari segi kognitif dan psikomotorik siswa. Faktor pendukung konsentrasi belajar siswa ialah kondisi jasmani yang sehat serta metode pengajaran yang menarik dan tidak menekan siswa sehingga membuat siswa lebih nyaman dalam belajar. Selain itu terdapat faktor penghambat konsentrasi belajar secara eksternal yaitu kondisi ruang kelas yang kurang nyaman dan kebisingan dari kelas lain. Namun guru memiliki upaya dalam menangangi kurangnya konsentrasi siswa dengan menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan tidak menekan siswa seperti mengisi ice breaking dengan bercerita maupun kuis. Penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model dan metode pembelajaran yang lebiih inovatif dalam pembelajaran IPA dikelas agar minat belajar siswa tinggi dan dapat membantu siswa lebih fokus mempelajari materi pelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing :1.Drs.Sucipto,M.Pd.,Kons Dosen Pembimbing :2.F. Shoufika Hilyana, M.Pd. |
Kata Kunci: | Konsentrasi, Belajar, Pembelajaran IPA. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 19:56 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 19:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17203 |
Actions (login required)
View Item |