Hadi, Ilham Sholikul (2022) Peningkatan kontrol diri dalam bermedia sosial Melalui layanan bimbingan kelompok dengan Teknik self management pada siswa kelas xi Smk negeri 1 kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Kontrol diri dalam bermedia sosial adalah suatu kemampuan individu dalam mengarahkan tingkah lakunya dalam mengelola media sosial. Bagi siswa memiliki kontrol diri yang rendah dalam bermedia sosial dapat menyebabkan berbagai dampak buruk diantaranya yaitu menurunnya prestasi belajar, interaksi sosial menjadi rendah dan kecanduan mengakses media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kontrol diri siswa dalam bermedia sosial melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Layanan bimbingan kelompok teknik self management merupakan pemberian bantuan konselor kepada individu dalam situasi kelompok untuk mengelola pikiran, perasaan dan tindakan individu agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dilaksanakan di kelas XI SMK Negeri 1 Kudus dengan subjek penelitian 8 siswa yang mempunyai kontrol diri yang rendah dalam bermedia sosial. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pada pra siklus mendapatkan rata-rata skor 59 dengan kategori sangat kurang. Pada siklus I memperoleh rata-rata skor 83 dengan kategori kurang, terjadi peningkatan dari pra siklus. Pada siklus II memperoleh rata-rata skor 116 dengan kategori baik, terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 33 skor. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok teknik self management dapat meningkatkan kontrol diri dalam bermedia sosial siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kudus. Disarankan kepada: 1. Siswa, agar dapat tetap berkomitmen mengendalikan dirinya dengan baik pada saat menggunakan media sosialnya dengan bijaksana dan bertanggungjawab. 2. Guru pembimbing, agar memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management dalam meningkatkan kontrol diri siswa dalam bermedia sosial secara intensif dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa agar bisa terhindar dari pengaruh negatif media sosial.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1.Drs. Sucipto, M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing : 2.Edris Zamroni, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kontrol Diri Dalam Bermedia Sosial, Bimbingan Kelompok, Teknik Self management |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 21:01 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 21:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17264 |
Actions (login required)
View Item |