Analisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan kecemasan siswa sekolah dasar

Sari, Vany Diah Puspita (2022) Analisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan kecemasan siswa sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Selama pembelajaran matematika ditemukan berbagai masalah yang dialami oleh siswa. Masalah tersebut seperti siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari serta merasa cemas selama mengikuti pembelajaran matematika. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan kecemasan yang dimiliki siswa kelas VI SDIT Al-Hikmah Mayong Jepara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di kelas VI SDIT Al-Hikmah Mayong Jepara pada semester gasal Tahun Pelajaran 2022/2023. Kecemasan matematis dibagi menjadi 4 tipe, yaitu mood, motoric, cognitive dan somatic, pada setiap tipe akan diambil 2 subjek untuk dilakukan tes komunikasi matematis dan wawancara, sehingga total subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu 8 subjek. Instrumen yang digunakan adalah instrument non tes yang berupa wawancara, dan dokumentasi yang berupa tes komunikasi matematis. Sedangkan sumber data yang digunakan yaitu siswa kelas VI SDIT Al-Hikmah Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023. Analisis data yang digunakan yaitu tahap pengumpulan data, tahap mereduksi data, tahap pengolahan data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa yang memiliki kecemasan matematis pada tipe mood hanya mampu untuk menuliskan gagasan dengan menggunakan bahasa sendiri, atau bisa disebut dengan written teks; 2) siswa yang memiliki kecemasan matematis pada tipe cognitive mampu mencapai 2 indikator komunikasi matematis, indikator tersebut yaitu mampu untuk mengubah permasalahan menjadi sebuah gambar (drawing) dan mampu untuk menuliskan pendapatnya dengan menggunakan bahasa pribadi (written teks); 3) sedangkan siswa yang memiliki kecemasan matematis pada tipe somatic hanya mampu mencapai satu indikator komunikasi matematis yaitu mampu untuk menggunakan bahasa simbul yang biasa digunakan dalam matematika, dan; 4) siswa yang memiliki kecemasan matematis pada tipe mood dan motoric tidak mampu untuk mencapai indikator komunikasi matematis sama sekali.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dr. Irfai Fathurohman, S. Pd., M. Pd., Dosen Pembimbing : 2.Dr. Sumaji, S. Pd., M. Pd
Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, kecemasan matematis, siswa sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 18:01
Last Modified: 15 Dec 2022 18:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17270

Actions (login required)

View Item View Item