Pengaruh tingkat kecerdasan adversitas dan sikap belajar mandiri siswa terhadap prestasi belajar ips siswa kelas 6 sekolah dasar di kecamatan nalumsari kabupaten jepara

Anistiqomah, Noor Avni (2022) Pengaruh tingkat kecerdasan adversitas dan sikap belajar mandiri siswa terhadap prestasi belajar ips siswa kelas 6 sekolah dasar di kecamatan nalumsari kabupaten jepara. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh: 1). Kecerdasan adversitas terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas 6 sekolah dasar negeri di Kecamatan Nalumsari, Jepara; 2). Sikap belajar mandiri terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas 6 sekolah dasar negeri di Kecamatan Nalumsari, Jepara; 3). Tingkat kecerdasan adversitas dan sikap belajar mandiri terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas 6 sekolah dasar negeri di Kecamatan Nalumsari, Jepara. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis data gunakan analisis regresi. Sampel penelitian meliputi seluruh peserta didik yang duduk di kelas 6 SDN Jatisari, SDN 1 Gemiring Lor, dan SDN 2 Gemiring Kidul yang berada di bawah naungan/pengawasan Dabin 3 dengan jumlah 106 siswa. Teknik pengumpulan data gunakan metode observasi, dokumentasi dan kuesioner. Desain angket untuk mengukur tingkat kecerdasan adversitas gunakan desain angket model Adversity Response Profile (ARP) oleh Stoltz yang gunakan skala likert berbentuk data ordinal menurut peringkat ketepatan jawaban. Desain angket sikap belajar mandiri gunakan data nominal skala pengukuran dummy. Hasil penelitian diketahui: 1). Nilai Sig 0,000 < 0,05 serta nilai t hitung 4,389 > t tabel 1,66008 sehingga variabel kecerdasan adversitas miliki pengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas 6 sekolah dasar negeri di Kecamatan Nalumsari Jepara; 2). Nilai Sig 0,000 < 0,05 serta nilai t hitung 3,948 > t tabel 1,66008 sehingga variabel sikap belajar mandiri miliki pengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas 6 sekolah dasar negeri di Kecamatan Nalumsari Jepara; 3). Pengaruh simultan diperoleh nilai Sig 0,000 < 0,05 serta nilai F hitung 12,358 > F tabel 3,94 sehingga dapat diinterpretasikan kecerdasan adversitas dan belajar mandiri secara bersama-sama (simultan) miliki pengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas 6 sekolah dasar negeri di Kecamatan Nalumsari Jepara. Dari penelitian ini disarankan, bahwa: 1) Kepala sekolah perlu membuat kebijakan mengenai kegiatan yang mendukung pengembangan kecerdasan adversitas dan perlu menghidupkan kegiatan ekstrakulikuler agar dapat terus melatih kemampuan adversitasnya. 2) Guru hendaknya lebih mengembangkan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan kecerdasan adversitas serta memberikan motivasi dan apresiasi. 3) Orang tua perlu melakukan upaya pengawasan, pendampingan dan bimbingan bagi siswa dan perlu bersinergi dengan pihak sekolah. 4) Siswa perlu terus mengasah dan melatih kemampuan adversitasnya sesering mungkin, Terus melakukan upaya belajar mandiri di rumah secara konsisten, rutin, berkualitas, dan mampu mencari variasi berbagai sumber belajar untuk melengkapi cakupan kognitif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :1.Prof. Dr. Su’ad, M.Pd., Dosen Pembimbing :2.Dr. Irfa’i Fatkurrohman, M.Pd.
Kata Kunci: Kecerdasan Adversitas, Belajar Mandiri, Prestasi Belajar IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 20:42
Last Modified: 15 Dec 2022 20:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17304

Actions (login required)

View Item View Item