Sentimen analisis terhadap thrifting pada twitter menggunakan algoritma naïve bayes

Ramadhan, Muhammad Rifqi (2022) Sentimen analisis terhadap thrifting pada twitter menggunakan algoritma naïve bayes. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Di Indonesia, saat ini aktivitas thrifting menjadi suatu hal yang sedang digandrungi masyarakat, baik dari kalangan remaja hingga dewasa. Thrifting yaitu aktivitas membeli barang bekas yang masih layak pakai dengan tujuan agar menghemat pengeluaran dan mengurangi limbah tekstil. Terlebih ditengah pandemi covid-19 saat ini, aktivitas thrifting menjadi peluang bisnis yang menjanjikan karena banyak thrift shop yang mempromosikan barang dagangannya melalui media sosial. Analisis sentimen atau sentiment analysis merupakan proses yang bertujuan untuk mengidentifikasi dataset berbentuk teks untuk memperoleh informasi sentimen yang bersifat positif, negatif atau netral. Penelitian ini bertujuan untuk melalukan analisis sentimen dengan mengidentifikasi perspektif masyarakat terhadap thrifting pada Twitter dan mengklasifikasi menggunakan metode Naïve Bayes. Hasil akurasi yang didapat sebesar 77,02%

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :1.Esti Wijayanti, S.Kom., M.Kom. Dosen Pembimbing :2.Alif Catur Murti, S.Kom., M.Kom.
Kata Kunci: Thrifting, Sentimen Analisis, Twitter, Naïve Bayes
Subjects: Teknologi > Teknologi (umum)
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Dec 2022 20:46
Last Modified: 25 Dec 2022 18:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17458

Actions (login required)

View Item View Item