Penerapan Model Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika materi Luas Permukaan Kubus dan Balok pada Siswa Kelas V

Anggraeni, Tias (2013) Penerapan Model Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika materi Luas Permukaan Kubus dan Balok pada Siswa Kelas V. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
HALAMAN_SAMPUL.pdf - Accepted Version

Download (625kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V_PEMBAHASAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (102kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model realistic mathematic education dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas permukaan kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 4 Klaling?. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model realistic mathematic education dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi luas permukaan kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 4 Klaling. Hasil belajar matematika merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses pembelajaran dalam bidang pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai pada pembelajaran matematika. Realistic mathematic education atau dapat disingkat RME adalah suatu model pembelajaran matematika yang tersusun dari kegiatan matematisasi horisontal dan vertikal dalam pemecahan masalah dengan didasari hal-hal yang nyata dan dapat dibayangkan oleh siswa. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah penerapan model RME dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas permukaan kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 4 Klaling Jekulo Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 4 Klaling dengan subjek penelitian ini adalah 15 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencana, perlakuan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model RME. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika materi luas permukaan kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 4 Klaling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode tes, metode observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika siswa pada materi luas permukaan kubus dan balok yang cukup signifikan antara prasiklus (26,67 %), siklus I (53,33 %), dan siklus II (86,67 %), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dari skor rata-rata siklus I 2,62 (baik) menjadi 2,84 (baik) di siklus II. Pengelolaan pembelajaran RME juga mengalami peningkatan dari skor rata-rata siklus I 2,49 (baik) menjadi 3,29 (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model RME dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas permukaan kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 4 Klaling. Untuk itu diharapkan guru dapat menerapkan model RME dapat dijadikan salah satu alternatif solusi dalam mengatasi permasalahan-permasalahan pembelajaran matematika di kelas.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (1) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd (2) Eka Zuliana, M.Pd.
Kata Kunci: Kata kunci: RME, Hasil Belajar, Luas Permukaan Kubus dan Balok.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Date Deposited: 14 Nov 2013 01:53
Last Modified: 14 Nov 2013 01:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1758

Actions (login required)

View Item View Item