Implementasi asas cepat, sederhana dan biaya ringan dalam pemeriksaan dan penyelesaian perkara pidana pada masa pandemi covid-19 di pengadilan negeri kudus

Patmoko, Dedi (2022) Implementasi asas cepat, sederhana dan biaya ringan dalam pemeriksaan dan penyelesaian perkara pidana pada masa pandemi covid-19 di pengadilan negeri kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstrak

Skripsi berjudul “Implementasi Asas Cepat, Sederhana dan Biaya Ringan dalam Pemeriksaan dan Penyelesaian Perkara Pidana Pada Masa Pandemi Covid-19 di Pengadilan Negeri Kudus” bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses implementasi asas cepat, sederhana dan biaya ringan yang dijalankan pengadilan negeri kudus pada masa pandemi covid-19, serta untuk mengetahui bagaimana kendala-kendala yang dihadapi oleh Pengadilan Negeri Kudus di dalam menerapkan asas cepat, sederhana dan biaya ringan selama masa pandemi covid-19 Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis atau merupakan penelitian yang di ambil langsung dari lapangan. Dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan didukung data sekunder. Data yang telah diperoleh maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dilakukan analisis secara kualitatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang ada dan selanjutnya di susun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah Implementasi asas cepat, sederhana dan biaya ringan dalam pemeriksaan dan penyelesaian perkara pidana pada masa pandemi covid-19 di Pengadilan Negeri Kudus dilakukan melalui persidangan teleconference dengan mengacu pada dasar hukum SEMA no.1 tahun 2020 tentang pedoman persidangan pada masa pandemi covid-19, PERMA no.4 tahun 2020 tentang tata cara persidangan secara elektronik dan MOU antara Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung dan Kemenkumham No.202/DJU/HM.01.1/4/2020, No.Kep-17/E/Ejp/04/2020, No.PAS-08.HH.05.05/2020 tentang administrasi persidangan secara elektronik. Persidangan perkara pidana pada masa pandemi covid-19 rata-rata adalah lima bulan, terdapat dua perkara pidana khusus yang pemeriksaan dan penyelesaiannya lebih dari lima bulan. Biaya perkara di Pengadilan Negeri Kudus berpedoman pada keputusan menteri kehakiman Nomor M.24-PW.07.03 tahun 1983 tentang tambahan pedoman pelaksanaan KUHAP, biaya perkara pada masa pandemi covid-19 sebesar lima ribu rupiah. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan asas cepat, sederhana dan biaya ringan dalam pemeriksaan dan penyelesaian perkara pidana pada masa pandemi covid-19 di Pengadilan Negeri Kudus dibagi menjadi dua yaitu kendala internal dan eksternal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Wiwit Ariyani, S.H., M.Hum. Dosen Pembimbing : 2.Suyoto, S.H., M.H
Kata Kunci: Asas Cepat, Sederhana dan Biaya Ringan, Perkara Pidana, Pandemi Covid-19
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Dec 2022 18:45
Last Modified: 27 Dec 2022 18:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17591

Actions (login required)

View Item View Item