Hubungan antara regulasi diri dan keterlibatan orang tua dengan motivasi belajar pada siswa smp di masa pandemi

ILIYYANA, SALSA ROSA (2022) Hubungan antara regulasi diri dan keterlibatan orang tua dengan motivasi belajar pada siswa smp di masa pandemi. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara regulasi diri dan keterlibatan orang tua dengan motivasi belajar pada siswa SMP. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunkan teknik cluster sampling. Subjek penelitian ini adalah 53 siswa di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Kudus. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala motivasi belajar, regulasi diri dan keterlibatan orang tua. Diperoleh hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel rx12y sebesar 0,330 dengan taraf signifikansi p sebesar 0,056 (p>0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara regulasi diri dan keterlibatan orang tua dengan motivasi belajar. Dengan demikian hipotesis mayor dalam penelitian ini dapat ditolak. Hasil koefisien korelasi antara motivasi belajar dengan regulasi diri rx1y sebesar -0,028 dengan tingkat signifikansi p 0,421 (p>0.05) yang artinya tidak ada hubungan antara motivasi belajar dengan regulasi diri pada siswa SMP, sehingga hipotesis minor yang diajukan dalam penelitian ini dapat ditolak. Adapun koefisien korelasi antara keterlibatan orang tua dengan motivasi belajar rx2y sebesar 0,329 dengan taraf signifikansi p sebesar 0,008 (p<0,01), hal ini menyatakan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara keterlibatan orang tua dengan motivasi belajar. Dengan demikian, hipotesis minor yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Sumbangan efektif variabel bebas terhadap variabel tergantung sebesar 10,8%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr. Trubus Raharjo,S.Psi.,M.Si.,Psikolog Dosen Pembimbing 2.Iranita Hervi Mahardayani S.Psi., M.Psi
Kata Kunci: motivasi belajar, regulasi diri, keterlibatan orang tua
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Filsafat yang berhubungan dengan topik lain
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Dec 2022 18:53
Last Modified: 29 Dec 2022 20:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17625

Actions (login required)

View Item View Item