Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa

Hidayati, nur Alfin and Darmuki, Agus Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal Educatio.

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
13. Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) (Educatio S5).pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
13. Turnity_Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition. (2) meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara menggunakan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition pada mahasiswa kelas IB Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Penelitian perbaikan pembelajaran ini menggunakan prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini subjeknya adalah mahasiswa kelas IB Prodi PBSI yang berjumlah 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu pengelompokkan data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Minat pembelajaran keterampilan berbicara dapat meningkat melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition; dan (2) penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada mahasiswa kelas IB Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kata Kunci: Kemampuan; Berbicara; Model; Auditory Intellectually Repetition.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 07 Apr 2023 19:24
Last Modified: 07 Apr 2023 19:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18374

Actions (login required)

View Item View Item