Pengaruh pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada PT.POS indonesia (persero) KP. V Kudus

Winahyuningsih, Panca (2003) Pengaruh pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada PT.POS indonesia (persero) KP. V Kudus. [Experiment]

[thumbnail of LAPORAN FULL] PDF (LAPORAN FULL)
Laporan_Penelitian_Bu_Panca.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstrak

Faktor pelayanan dan fasilitas merupakansalah satu faktor yang mampu memberikan kepuasan konsumen pada PT. Pos Indonesia (Persero) KP V Kudus, mengingat pada kondisi sekarang ini kerasnya kompetisi dengan masuknya perusahaan raksasa FedEx at5au DHL, menyebabkan berkurangnya pangsa pasar berbagai produk layanan yangb disediakan oleh Pos Indonesia, termasuk layanan keuanagan seperti wesel pos. Berpijak pada hal tersebut maka dirumuskan permasalahan sebagia berikut: apakah ada pengaruh dan hubungan anatara pelayanan, dan fasilitas baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap pelanggan yang di sediakan T. Pos Indonesia (Persero) KP V Kudus, dengan mengambil sampel sebanyak 50 karyawan, pengumpulan datanya menggunakan interview, dan kuesioner, menggunakan analisis regresi dan korelasi berganda dengan uji validitas dan reliabilitas. Dengan hasil yang ada dapat disimpulkan bahawa ada pengaruh dan hubungan. pelayanan pengiriman barang terhadap kepuasan pelanggan secara parsial yang dilihat dari uji t koefisien pelayanan pengiriman barang (X1) sebesar 2,506, sedangkan t tabel sebesar 2,012 dan memiliki koefisien korelasi sebesar 0,732. Dan ada pengaruh dan hubungan fasilitas pengiriman barang terhadap kepuasan pelanggan secara parsial yang dilihat dari uji t koefisien fasilitas fasilitas pengiriman barang (X1) sebesar 3,976, sedangkan t tabel sebesar 2,012, dan memiliki jkoefisien korelasi sebesar 0,779. ada pengaruh dan hubungan yang signifikan antara pelayanan dan penghiriman barang terhadap kepuasan pelanggan pada T. Pos Indonesia (Persero) KP V Kudus, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji Fhitung sebesar 44,197 sedangkan Ftabel sebesar 3,20, dengan koefisien korelasi beragenda sebesar 0,808. dan faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada T. Pos Indonesia (Persero) KP V Kudus adalah fasilitas pengiriman barang, hal ini dibuktikan dengan persamaan regresi berganda sebagai berikut: Y = 3,301 + 0,550 X1 + 1,143 X2 + 2 Sedangkan kontribusu kedua variabel di atas dapat dilihat dari koefisiensi detriminasi dengan adjusted R Square 0,63 ini berarti secara bersama-sama kedua variabel pelayanan dan fasilitas pengiriman barang tersebut dapat menjelaskan sebesar 63,8% terhadap kepuasan pelanggan.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: pelayanan, fasilitas dan kepuasan pelanggan
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Buruh. Pekerjaan, Kelas Pekerja. > Partisipasi pekerja dalam manajemen. Kepemilikan pekerja. Demokrasi industri. Dewan kerja.
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Jan 2014 03:32
Last Modified: 11 Jan 2014 03:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1840

Actions (login required)

View Item View Item