The Impact of Teaching Listening Comprehension by Audio Video and Audio Picture Aids on The Third Semester Students' Listening Proficiencies of English Education Department Students of Muria Kudus University in The Academic Year 2009/2010

Sulistyowati, Titis (2011) The Impact of Teaching Listening Comprehension by Audio Video and Audio Picture Aids on The Third Semester Students' Listening Proficiencies of English Education Department Students of Muria Kudus University in The Academic Year 2009/2010. Sosial dan Budaya, 4 (1). ISSN 1979-6889

[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
THE_IMPACT_OF_TEACHING_LISTENING.pdf - Published Version

Download (297kB)
Official URL: http://jurnal.umk.ac.id/?page_id=1556

Abstrak

ABSTRAK: Belajar mengajar listening di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus telas dijalankan dengan menerapkan berbagai tehnik, seperti latihan melengkapi, mendekte, membuat parafrase, mencatat dan lain-lain. Walaupun demikian hasil kemampuan mendengarkan para mahasiswa tidak menunjukkan nilai yang maksimal. Hal tersebut berdasarkan hasil nilai mahasiswa ketika merika mengambil matakuliah Listening Comprhension I ketika mereka masih di semester dua. Sehingga dengan melakukan penelitian saya berharap dapat memberikan pengalaman yang baru bagi mahasiswa dalam praktik Listening dan pada wakti yang sama meningkatkan kemampuan mendengarkan mereka. Dalam penelitian ini saya memperkenalkan pada materi Listening yang disajikan dalam audio video dan audio picture. Ancangan penelitian yang digunakan adalah true experiment ancangan post-test dua kelompok, satu group sebagai kelompok experiment dan satunya sebagai kelompok kendali. Kelas audio video sebagai kelompok experiment dan kelas audio picture sebagai kelompok kendali. Setelah memberikan perlakuan selama enam kali pertemuan pada pertemuan ke tujuh saya memberikan merika test. Hasil dari tes tersebut menunjukkan bahwa harga dari t-observasi (to) adalah 0.014. sedangkan level significant menunjukkan 0.05 , dengan Df 54 dan harga dari t-table (tt) adalah 2.02. Karena tobservation lebih rendah dari pada t-table (to = 0.014< tt = 2.02) [ to < tt ] jadi saya menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang siknifikan antara kemampuan mendengarkan siswa yang diajar dengan menggunakan audio video dan yang diajar dengan menggunakan audio picture. jadi saya menyarankan bahwa video dan gambar dapat digunakan dalam belajar mengajar Listening. Dosen pengampu dapat mengkombinasikan teknik tersebut dengan berbagai variasi latihan. ABSTRACT: The teaching and learning listening at English Education Department of Muria Kudus University has been done in various techniques, such as by doing completion, dictation, paraphrasing, note-taking and so on. However the result of the students’ listening proficiencies does not show the maximum result. Those are based on the result of the students’ scores when they took Listening Comprehension I when they were in the second semester. So by doing this research I expect that I can give the students new experience in doing listening and at the same time increase their listening proficiencies. In this research, I introduce the students to some listening materials which are served in audio video and audio picture. The research design used is true experiment of two groups’ post-test design, with one group as the experiment group and the other group as the control group. The audio video class as the experimental group and the audio picture class as the control group. After giving them the treatment in six meetings on the seventh meeting I give them a test. The result of the test shows the value of t-observation (to) based on the result of the calculation is 0.014. Meanwhile, on the level of significance 0.05 , with Df 54 the value of t-table (tt) is 2.02. Because t-observation is lower than t-table (to = 0.014< tt = 2.02) [ to < tt ] so I conclude that there is no significant difference on the Students` Listening Proficiencies between those who are taught by Audio Video Aids and those who are taught by Audio Picture aids. I suggest that video and picture can be used in teaching and learning listening comprehension. The lecture can combine those techniques with variation of tasks and activities.

Item Type: Article
Kata Kunci: listening proficiencies, audio video, audio picture kemampuan listening, audio video, audio gambar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik. > Bahasa. Teori linguistik. Tata Bahasa. > Pembelajaran bahasa
Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Bahasa dan sastra > Sastra (Umum) > Orasi. Deklamasi. > Pembelajaran dan pengajaran
Bahasa dan sastra > Sastra (Umum) > Pembelajaran dan pengajaran
Filsafat. Psikologi. Agama > Islam. Kepercayaan Bahai. Teosofi, dll > Islam > Karya umum > Pembelajaran dan pengajaran
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 388 not found.
Date Deposited: 14 May 2012 04:40
Last Modified: 14 May 2012 04:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item View Item