Prasetyo, Aji (2023) Analisis dampak game online terhadap prestasi belajar siswa kelas v sd sembaturagung 01. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (994kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (356kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (325kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Proses pembelajaran daring menyebabkan siswa sekolah dasar mengenal yang namanya Game online. Game online merupakan permainan yang terhubung dengan jaringan internet. Game online sudah banyak dimainkan oleh beberapa kalangan, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Dengan seringnya bermain game online menjadikan siswa kecanduan bermain game online sehingga menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak game online terhadap prestasi belajar siswa. Game online diartikan sejenis permainan yang menggunakan media smartphone atau komputer yang dapat dimainkan apabila terhubung dengan jaringan internet. Dari game online tersebut akan berdampak pada prestasi belajar anak, yang akan bertambah atau berkurang karena dampak game online tersebut. Prestasi belajar diartikan sebagai hasil yang diperoleh seseorang selama proses pembelajaran berlangsung, dimana hasilnya berupa pengetahuan, keterampilan, sikap yang diukur dengan menggunakan angka, huruf dan simbol yang mencerminkan hasil yang diperoleh dari seseorang tersebut dalam waktu tertentu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di SD N Sembaturagung 01. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Teknik Keabsahan Data menggunakan teknik Triangulasi Waktu. Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian membuktikan bahwa game online berdampak terhadap prestasi belajar siswa. Dampak tersebut merupakan dampak negative yang di ada pada siswa, karena anak tersebut bermain dengan terlalu lama. Dampaknya yaitu 1) siswa berbicara kotor dan kasar, 2) Kesehatan mata dan pendengaran berkurang, 3) tidak bisa mengatur waktu, 4) perubahan sikap pada siswa. Dengan respons orang tua siswa yang kecewa dan marah, karena hanya bisa menasehati anaknya yang sering bermain game online. Pada penelitian ini bisa disimpulkan bahwa game online berdampak negative bagi siswa. Dampak tersebut terjadi karena kurang control dari orang tua dan komunikasi antara orang tua dan guru kelas. Selain itu guru diharapkan bisa mengerti tanda-tanda siswa yang lebih sering bermain game online daripada mementingkan kegiatan sekolah. Guru juga bisa berkomunikasi dengan orang tua siswa tentang bagaimana perkembangan anak tersebut waktu disekolah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Wawan Shokib Rondli,M.Pd DOSEN PEMBMBING 2 :Diana Ermawati,M.Pd |
Kata Kunci: | Game online, Prestasi Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 18:33 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 18:33 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18844 |
Actions (login required)
View Item |