Pratama, Robby Allawy (2023) Pelaksanaan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional dan layanan aspirasi serta pengaduan online rakyat di kabupaten kudus dan kabupaten demak. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (271kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (569kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (75kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (220kB) | Preview |
Abstrak
Skripsi yang berjudul “Pelaksanaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Dan Layanan Aspirasi Serta Pengaduan Online Rakyat Di Kabupaten Kudus Dan Kabupaten Demak” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui perbandingan pelaksanaan SP4N-LAPOR di Kabupaten Kudus dengan di Kabupaten Demak, dan upaya dalam mengoptimalkan pelaksanaan SP4N-LAPOR di Kabupaten Kudus dan Kabupaten Demak. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Spesifikasi penelitian yang digunakan yaitu deskriptif analitis. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan sekunder. Hasil Data diperoleh, disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, perbandingan pelaksanaan SP4N-LAPOR di Kabupaten Kudus dengan di Kabupaten Demak, apabila ditinjau dari indikator atau tolak ukur standar pelayanan publik sebagaimana diatur dalam Pasal 21 UU Pelayanan Publik, maka pelaksanaan SP4N LAPOR di Kabupaten Demak telah memenuhi 14 (empat belas) unsur tolak ukur standar pelayanan publik. Berbeda dalam pelaksanaan SP4N LAPOR di Kabupaten Kudus, yang tidak memenuhi standar pelayanan publik terdiri unsur sarana dan prasarana, prosedur dan mekanisme, jangka waktu penyelesaian, jaminan pelayanan yang memberikan kepastian pelayanan dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan, jumlah pelaksana dan unsur kompetisi pelaksana. Upaya dalam mengoptimalkan pelaksanaan SP4N-LAPOR di Kabupaten Kudus dan Kabupaten Demak, kendala dalam pelaksanaan SP4N LAPOR di Kabupaten Kudus terdiri dari terbatasnya SDM, banyaknya OPD dan instansi yang belum terintregasi dalam SP4N LAPOR, sistem yang sering bermasalah, terbatasnya sarana dan sarana, dan kurangnya sosialisasi. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi masalah tersebut yaitu menambah personil, mengecarkan sosialiasi SP4N LAPOR kepada masyarakat, instansi dan OPD, mendatangi pengadu atau pelapor di setiap desa/kelurahan di dalam Kabupaten Kudus, dan menambah sarana dan prasarana. Berbeda dengan pelaksanaan SP4N LAPOR di Kabupaten Demak yang hanya terkendala pada suatu sistem yang bermasalah, dan upaya dalam mengatasi kendala tersebut dengan membuka stand pengaduan atau laporan disetiap desa yang mengadukan pelayanan publik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Lidya Christina Wardhani, S.H, M.H, M.Kn Dosen pembimbing II: Faizal Adi Surya, S.H, M.H |
Kata Kunci: | SP4N LAPOR, Pelayanan Publik, Informasi Publik, Pengaduan, Laporan |
Subjects: | Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya Hukum Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 20:30 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 20:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19755 |
Actions (login required)
View Item |