Albar, Umaroh (2023) Pengembangan media roda cerdas (rodas) berbasis loose part dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan anak usia dini. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Menganalisis kebutuhan model pengembangan media roda pintar berbasis loose part dalam mengenali konsep angka dan simbol angka anak usia dini, 2) Merumuskan desain model pengembangan media roda cerdas berbasis loose part dalam mengenali konsep angka dan simbol angka anak usia dini, 3) Menganalisis kelayakan model pengembangan media roda pintar loose part based dalam mengenali konsep bilangan dan simbol angka anak usia dini, 4) Menganalisis efektivitas model pengembangan media roda pintar berbasis loose part dalam mengenali konsep angka dan simbol angka anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah 1) Wawancara dengan pendidik, siswa dan kepala sekolah TK; 2) Pengamatan; 3) Kuesioner;4) Validasi 5) Dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, anak-anak, kepala sekolah TK dan ahli desain dan materi. Hasil uji t untuk uji coba lapang skala luas adalah t hitung 21,189, sedangkan t tabel adalah 4,388 kemudian atau 21,189 > 4,381. Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terjadi perubahan signifikan dalam pengenalan konsep angka dan simbol angka pada anak usia dini. Sedangkan nilai N-Gain sebesar 0,71 pada kategori tinggi dan nilai % N-Gain sebesar 71 pada kategori efektif. Artinya penggunaan media permainan smart roda cerdas efektif digunakan untuk mengenalkan konsep angka dan simbol angka pada anak usia dini.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Fitri Budi Suryani, M.Pd Dosen Pembimbing 2: Dr. Mochammad Widjanarko, M.Si. |
Kata Kunci: | Roda Cerdas, Loose Parts, Konsep Bilangan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 00:55 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 00:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20551 |
Actions (login required)
View Item |