NOOR AMALIA, WAFIQ (2023) The effectiveness of word search puzzle for Teaching vocabulary to the students Of tenth grade in sma negeri 1 mayong jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (903kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (322kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (362kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (430kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Kosakata merupakan salah satu komponen bahasa. Terdapat berbagai macam teknik dan peningkatan kosa kata membutuhkan metode yang tepat dan menyenangkan, peneliti menggunakan Word Search Puzzle dalam mengajarkan kosa kata. Kosakata adalah salah satu masalah utama yang dihadapi oleh orang yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Tanpa memiliki kosa kata yang cukup, seseorang tidak dapat mengkomunikasikan gagasannya dengan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Word Search Puzzle untuk mengajar kosa kata pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Mayong Tahun Pelajaran 2022/2023. Word Search Puzzle adalah media untuk memudahkan siswa dalam mempelajari kosa kata. Dengan teknik ini siswa dapat menemukan kosa kata baru. Hal ini dapat membuat siswa senang dan aktif dalam memahami materi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian true eksperimen, terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peneliti menetapkan siswa kelas X SMA Negeri 1 Mayong tahun ajaran 2022/2023 sebagai populasi. Sampel diambil secara acak dengan menggunakan undian, dan diambil X9 sebagai kelas eksperimen, X4 sebagai kelas kontrol. Peneliti menggunakan tes sebagai instrumen untuk mendapatkan keakuratan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil post-test kedua kelas. Nilai utama kelas eksperimen sebelum perlakuan adalah 64,03. Setelah diberikan perlakuan, nilai rata-rata kelas eksperimen pada post-test adalah 83,36. Juga ditunjukkan bahwa t-hitung 4,289 lebih besar pada t-tabel 1,998. Ini berarti penggunaan teknik Word Search Puzzle efektif dalam pengajaran kosa kata pada siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Mayong. Oleh karena itu, teknik Word Search Puzzle dapat diterapkan dalam pembelajaran kosakata. Peneliti berharap penelitian ini dapat digunakan oleh guru Bahasa Inggris sebagai salah satu teknik dalam mengajar untuk meningkatkan kosa kata siswa. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya melakukan penelitian dengan menggunakan beberapa teknik dalam permainan Word Search Puzzle dalam mempelajari komponen bahasa lainnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : Dr. Muh. Syafei, M. Pd. Dosen Pembimbing 2 : Rusiana, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Efektivitas, Mengajar Kosa Kata, Puzzle Pencarian Kata |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 22:12 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 22:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20595 |
Actions (login required)
View Item |