PENGEMBANGAN PENILAIAN HOTS BERBASIS 4C UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR KABUPATEN KUDUS

Kurniawan, Tigas Tri and santoso, - and Utaminingsih, Sri (2021) PENGEMBANGAN PENILAIAN HOTS BERBASIS 4C UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR KABUPATEN KUDUS. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5 (3). ISSN 2614 - 1337

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
3. Jurnal Asli 3 DEVELOPING 4C – BASED HOTS ASSESSMENT TO IMPROVE STUDENTS’.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of hasil cek plagiasi]
Preview
Text (hasil cek plagiasi)
3. Jurnal Turniti 3 DEVELOPING 4C – BASED HOTS ASSESSMENT TO IMPROVE STUDENTS’ CRITICAL ....pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) Merumuskan pengembangan desain penilaian HOTS berbasis 4C untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika kelas VI SD di Kudus. (2) Mendeskripsikan karakteristik penilaian HOTS berbasis 4C dalam pembelajaran Matematika kelas VI SD di Kudus. (3) Menganalisis efektivitas penilaian HOTS berbasis 4C untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika kelas VI SD di Kudus. Penelitian ini menggunakan rancangan Research and Development (R&D). Desain pengembangan mengadaptasi model pengembangan menurut Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh tahapan. Pelaksanaa uji coba dilakukan pada 37 siswa di SD 1 dan 2 Gribig sebagai kelompok eksperimen, dan 36 siswa di SD 1 dan 3 Klumpit sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, tes, dan wawancara. Data keefektifan penilaian HOTS berbasis 4C dianalisis dengan uji gain, uji t pada taraf signifikansi 0,05. Penilaian HOTS yang dikembangkan berupa instrument penilaian HOTS berbasis 4C yang memiliki 7 karakteristik, yaitu: 1) mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, 2) bersifat divergen, 3) menggunakan multirepresentasi, 4) berbasis permasalahan kontekstual, 5) menggunakan bentuk soal beragam, 6) mengukur kemampuan berkomunikasi, dan 7) mengukur kemampuan dalam bekerja sama. Penilaian HOTS berbasis 4C efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, terbukti dari peningkatan skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelompok eksperimen,yaitu 80.59 dengan kategori sedang dan peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen, 89.05 dengan kategori sedang. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penilaian HOTS berbasis 4C mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI sekolah dasar.

Item Type: Article
Kata Kunci: penilaian hots, 4C, berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Jun 2024 20:02
Last Modified: 21 Jun 2024 20:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21285

Actions (login required)

View Item View Item