PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERGAM BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

ZULIFAH, SITI and Murtono, - and santoso, - (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERGAM BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 4 (6). ISSN 2614 - 1337

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
4. Jurnal asli 4 DEVELOPING PROBLEM BASED LEARNING (PBL)-ORIENTED PICTORIAL STORY.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
4. Jurnal Turnitin 4 DEVELOPING PROBLEM BASED LEARNING (PBL)-ORIENTED PICTORIAL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar cerita bergambar (cergam) berorientasi Problem Based Learning (PBL) berbantuan android untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas IV Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R & D). Metode penelitian ini adalah mixed methods design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 dan 2 Manyargading, SDN 1 dan 2 Bandungrejo dan SDN Teluk Kulon Kabupaten Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Bahan ajar cergam berorientasi PBL berbantuan media android dikembangkan mengacu tahap-tahap pengembangan oleh Borg dan Gall. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar cergam berorientasi PBL berbantuan media android layak diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini didasarkan pada hasil uji kevalidan, keefektifan dan kepraktisan bahan ajar. Hasil uji kevalidan menunjukkan penilaian dari ahli materi, media, bahasa dan praktisi menunjukkan kategori baik. Pada uji keefektifan, diketahui hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata pretes 51.2 menjadi 76.8 pada postes. Pada ujicoba luas diketahui bahwa Hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata (86.5) lebih baik dibanding kelas kontrol (73.2). Hasil uji beda menunjukkan nilai p=0.000 (p<0.05), artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol.Dengan demikian dikatakan bahwa bahan ajar cergam berorientasi PBL berbantuan android efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Pada uji kepraktisan diketahui bahwa bahan ajar cergam berorientasi PBL berbantuan android mendapatkan respon yang baik dari siswa dan guru.

Item Type: Article
Kata Kunci: bahan ajar, problem based learning, android, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Jun 2024 20:09
Last Modified: 21 Jun 2024 20:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21286

Actions (login required)

View Item View Item