THE DEVELOPMENT OF LITERACY LEARNING MEDIA OF ILLUSTRATED STORY BASED ON ANDROID E-BOOK TOWARD READING INTEREST OF THIRD GRADE STUDENTS

ENDIAWAN, AHMAD SYUKRI and Fathurohman, Irfai and santoso, - (2020) THE DEVELOPMENT OF LITERACY LEARNING MEDIA OF ILLUSTRATED STORY BASED ON ANDROID E-BOOK TOWARD READING INTEREST OF THIRD GRADE STUDENTS. PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 9 (4). ISSN 2598-5949

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
10. Jurnal Asli 10 THE DEVELOPMENT OF LITERACY LEARNING MEDIA OF ILLUSTRATED STORY.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of Hasil cek plagiasi]
Preview
Text (Hasil cek plagiasi)
10. Jurnal Turnitin 10 THE DEVELOPMENT OF LITERACY LEARNING MEDIA OF ILLUSTRATED STORY BASED ON.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan literasi cergam berbasis e-book serta mengetahui peningkatan minat baca siswa pada tema 2 menyayangi tumbugan dan hewan sub tema 1 manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia, khususnya pada kelas III SD Terangmas Undaan Kudus. Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pengembangan media dengan pendekatan kualitatif dengan metode Quasi Experimental Design dan Nonequivalent Control Group. Penelitian ini dilaksanakan di SD Terangmas sebagai kelas eksperimen dan SD 2 Medini sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian nilai sig. Levene's Test for Equality of Variances sebesar 0.206. Karena siginifikasi tersebut lebih dari 0.05 atau bisa disajikan dengan 0,206 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa varian data antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah sama (homogen). Selanjutnya berdasarkan tabel di atas juga diketahui bahwa nilai sig. (2 tailed) t-test for Equality of Means sebesar 0.000 < 0.005. Hasil tersebut disimpulkan bahwa H0 diolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata minat membaca siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol

Item Type: Article
Kata Kunci: : pengembangan media, literasi cergam, e-book android, minat baca
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2024 23:09
Last Modified: 23 Jun 2024 23:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21292

Actions (login required)

View Item View Item