The Analysis of Joke Structure in English Learning

Utari, Aisyah Ririn Perwikasih (2011) The Analysis of Joke Structure in English Learning. Refleksi Edukatika, 2 (1). pp. 90-100. ISSN 2087-9385

[thumbnail of Artikel] Microsoft Word (Artikel)
Ref_Edukatika_Desember_2011.doc - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendiskusikan dan mengembangkan pemahaman terhadap pembelajaran Bahasa Inggris melalui analisis joke structure pada teks yang ada pada rubrik Laugh! Majalah Reader’s Digest edisi Agustus 2009. Analisis data terbatas pada temuan joke structure pada teks humor. Pendekatan kualitatif digunakan sebagai prosedur penelitian analisis joke structure pada teks humor. Data terkumpul berupa teks humor yang telah dipilih untuk dianalisis. Prosedur penelitian menghasilkan data deskriptif yang mana lebih informatif dan representatif secara eksplisit. Sumber data adalah majalah Reader’s Digest edidi Agustus 2009. Prosedur analisis data adalah sebagai berikut; (1) mendeskripsikan komponen joke structure, (2) mengidentifikasi komponen dari tiap-tiap struktur, (3) menemukan joke structure untuk mengungkap segi kelucuannya. Analisis data diterapkan untuk semua teks humor yang ada pada rubrik. Ada 7 teks humor yang akan dianalisis. Analisis menggunakan teori humor yang dikemukakan Raskin. Joke structure terbagi menjadi 2 klasifikasi; set-out, punchline. Pada klasifikasi tersebut, set-out lebih banyak ditemukan pada awal teks humor. Sementara punchline selalu ditemukan pada akhir teks, yaitu kalimat terakhir. Berdasarkan tujuan penelitian, setiap teks humor mempunyai 2 struktur umum. Ini berarti terdapat 2 persyaratan bagaimana teks humor tersebut dibuat, yaitu; set-out dan punchline. Oleh karena itu, analisis teks humor yang dikolaborasikan dengan joke structure akan menghasilkan analisis yang lebih akurat dan tajam baik secara linguistik maupun semantic. ABSTRACT The research is conducted to discuss and develop the understanding of English learning through the analysis of joke structure in the joke text in Laugh! rubric in Reader’s Digest August 2009 edition. The analysis is limited to finding the joke structure of the joke texts. A qualitative approach is used as the procedure to the joke structure analysis of the text joke. The data collected are in the form of texts. The procedure of research can produce descriptive data which is more informative and explicitly representative. The source of the data is Reader’s Digest August 2009 edition. The procedures of data analysis are; (1) describing the components of the joke structure, (2) identifying the function of each structure, (3) finding the joke structures to reveal the funniness. The data analysis is done to all jokes in the rubrics. There are 7 jokes in the rubric. The analysis uses the Raskin’s analysis of humor. The joke structure is divided into two classifications; set-out, punchline. In the classification of joke structure, the set-out is mostly found in the beginning of the joke texts. On the other hand, the punchline is always considered in the end of the joke text (the last sentence). Concerning to the purpose of the research, every joke has two common structures. It means that a joke must have two requirements; set-out and punchline. Therefore, the analysis of humor text which is blended with joke structure which makes it accurate and sharp both linguistically and semantically.

Item Type: Article
Kata Kunci: Tata Bahasa, Bahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik.
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2012 04:13
Last Modified: 20 Mar 2012 04:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item