Risma Widyastutik, Devi (2024) Penerapan model tgt berbantu panjadut (papan jam sudut) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis Materi sudut siswa kelas iii sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Kesulitan belajar siswa memberikan dampak negatif kepada siswa yang mempengaruhi prestasi dan juga nilai hasil belajar siswa di kelas. Aktivitas belajar siswa di kelas yang masih rendah mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa, sehingga perlu adanya model pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran agar kemampuan berpikir kritis siswa meningkat. Dalam pembelajaran juga diperukan media pembelajaran yang efektif agar meningkatkan kemampuan belajar siswa. Pada penelitian ini, peneliti bertujuan untuk menganalisis keterampilan belajar guru dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran TGT dengan berbatuan media pembelajaran papan jam sudut pada pembelajaran matematika. Dan juga untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. TGT merupakan suatu model pembelajaan kooperatif yang menggunakan turnament atau perlombaan akademik dengan kuis atau soal-soal. Dimana setiap kelompok berlomba untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Papan jam sudut merupakan sebuah papan yang digunakan untuk memudahkan siswa mempelajari materi pada materi sudut. Media itu sendiri diciptakan agar siswa lebih tertarik dalam pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan seseorang untuk menganalisis ide, gagasan untuk mencari solusi dari permasalahan yang terjadi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas III SD N Sridadi dengan subjek penelitian 31 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus dengan masing-masing siklus berlangsung selama 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan juga analisis data kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan berbantuan papan jam sudut dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dan juga meningkatkan keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran matematika materi tentang sudut siswa kelas III SD N Sridadi. Penelitian ini guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media papan jam sudut sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi pelajaran sudut yang dilaksanakan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Sekar Dwi Ardianti,.S,.pd,.M.PD DOSEN PEMBIMBING 2:Jayanti Putri Purwaningrum s.pd,.m.pd |
Kata Kunci: | TGT, Berpikir Kritis, Media Panjadut |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 20:34 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 20:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21766 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
