Pengembangan media komik matematika berbasis Budaya (komatisa) sebagai penguatan Profil pelajar pancasila dimensi Bernalar kritis siswa kelas iv

Amalia,, Putri Kharisma (2024) Pengembangan media komik matematika berbasis Budaya (komatisa) sebagai penguatan Profil pelajar pancasila dimensi Bernalar kritis siswa kelas iv. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (804kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy

Abstrak

Kurangnya media pembelajaran yang inovatif di SD 2 Gamong mengakibatkan minimnya kemampuan bernalar kritis siswa kelas IV SD 2 Gamong, sehingga dibutuhkan penelitian yang dapat memperkuat kemampuan bernalar kritis siswa melalui media pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui kebutuhan pengembangan media, mengukur validitas, keefektifan dan kepraktisan media komik matematika berbasis budaya dalam memperkuat profil pelajar Pancasila dimensi bernalar kritis siswa. Media komik berbasis budaya lokal dalam pembelajaran matematika, dapat menambah pengetahuan siswa mengenai budaya lokal. Selain itu, dapat memperkuat ingatan siswa mengenai pembelajaran yang diberikan dengan contoh yang relevan karena sesuai dengan lingkungan sekitar siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian Research and development (R&D) dari Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD 2 Gamong yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, angket dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah angket validasi produk, angket respons guru dan siswa, uji normalitas, uji T dan uji N-Gain untuk mengukur keefektifan media komik matematika berbasis budaya. Hasil validasi produk menunjukkan bahwa hasil dari validator ahli materi sebesar 92,65% dengan kategori sangat layak dan hasil validator ahli media sebesar 92,78% dengan kategori sangat layak. Media komik terbukti sangat layak digunakan, hasil uji kepraktisan angket respons guru sebesar 100% dan respons siswa sebesar 98,5%. Hasil efektifitas produk menunjukkan distribusi data yang diperoleh normal dengan nilai sig ˃ 0,05 dengan hasil uji-T sebesar 0,000 dan hasil uji N-Gain 0,5863 dengan kategori sedang. Berdasrkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media komik matematika berbasis budaya sangat layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran serta efektif dalam memperkuat Profil Pelajar Pancasila dimensi bernalar kritis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing 1 Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing 2
Kata Kunci: Media Komik Matematika, Profil pelajar Pancasila, Bernalar Kritis
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 19:13
Last Modified: 05 Aug 2024 19:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21837

Actions (login required)

View Item View Item