UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X-1 SMA 1 MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Syaifuddin, Ibnu (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X-1 SMA 1 MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (853kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUS_iBNU.pdf - Accepted Version

Download (138kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstrak

Syaifuddin, Ibnu. 2013. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X-1 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Drs. Sucipto, M.Pd Kons, (ii) Dra. Sumarwiyah, M.Pd Kons Kata kunci: Keaktifan siswa dalam pembelajaran, layanan bimbingan kelompok Penelitian ini berlandaskan pada fenomena yang terjadi di lapangan yang menunjukkan rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran. Rendahnya keaktifan siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Apabila hal ini tidak segera ditangani, maka akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan siswa kelas X-1 SMA 1 Mejobo Kudus dalam pembelajaran sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan besar peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran melalui layanan bimbingan kelompok. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel terikat (keaktifan siswa dalam pembelajaran) dan variabel bebas (layanan bimbingan kelompok). Penulis mengambil sampel sebanyak 10 siswa dari kelas X-1 yang berjumlah 41 anak,. Hal ini berdasarkan indikasi siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan dalam 3 pertemuan. Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi dan metode pendukung wawancara beserta observasi. Data dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil observasi, diperoleh data pra siklus yakni terdapat 7 siswa (87,5%) dengan nilai rata-rata sebesar 14,2 termasuk kategori sangat kurang (SK). Setelah menggunakan layanan bimbingan kelompok, pada siklus 1 diperoleh hasil 5 siswa (62,5%) dengan kategori cukup (C) dan 3 siswa (37,5%) dengan nilai rata-rata sebesar 26 termasuk kategori kurang (K). Kemudian pada siklus 2 meningkat lagi dengan hasil 6 siswa (75%) termasuk dalam kategori baik (B) dan 2 siswa (25%) termasuk kategori sangat baik (SB). Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Hal ini terbukti sebelum layanan bimbingan kelompok, keaktifan siswa cenderung sangat kurang namun setelah layanan tersebut, pada siklus 1 meningkat menjadi cukup dan pada siklus 2 meningkat menjadi baik. Oleh karena itu, penulis menyarankan agar kepala sekolah dapat mendukung adanya layanan bimbingan kelompok. Selain itu, guru pembimbing juga diharapkan dapat memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling. Bagi siswa, diharapkan mereka dapat mempertahankan keaktifan dalam pembelajaran. Lebih lanjut, peneliti lain dapat meningkatkan layanan bimbingan kelompok dengan cara yang lebih inovatif, misalnya dengan disertai permainan yang menarik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: NAma : Drs. H. Sucipto, M.Pd. Kons
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Feb 2014 03:16
Last Modified: 25 Feb 2014 03:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2187

Actions (login required)

View Item View Item