Pengembangan media pembelajaran “metalik” Pada muatan pelajaran ipa kelas vi Sekolah dasar

Seno,, Dandiyu (2024) Pengembangan media pembelajaran “metalik” Pada muatan pelajaran ipa kelas vi Sekolah dasar. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (769kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (756kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media pembelajaran METALIK pada muatan pelajaran IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar, mendeskripsikan desain pengembangan media pembelajaran METALIK pada muatan pelajaran IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar, menguji dan membuktikan kelayakan media pembelajaran METALIK pada muatan pelajaran IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar, serta mengukur efektivitas media pembelajaran METALIK pada muatan pelajaran IPA terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas VI Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan langkah-langkah penelitian oleh Sugiyono (2016:298) yang terdiri dari sepuluh langkah, yaitu: 1) identifikasi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) ujicoba pemakaian, 9) evaluasi dan revisi akhir, 10) tahap desiminasi. Pada penelitian ini, dibatasi hanya sampai langakah ke-8 yaitu ujicoba pemakaian. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru kelas VI Kecamatan Pamotan dan siswa kelas VI SDN Samaran dan SDN Tempaling. Langkah pengembangan media METALIK pada muatan pelajaran IPA, meliputi analisis KI-KD, analisis tujuan pembelajaran, analisis materi pembelajaran, dan desain pengembangan media. Kemudian peneliti mendesain media METALIK menggunakan Canva yang dikembangkan menjadi sebuah media digital interaktif yang di dalamnya terdapat menu-menu yang dapat dioperasikan siswa secara langsung. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 92% dengan kategori valid. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase 90% dengan kategori valid. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh persentase 92% dengan kategori valid. Hasil validasi dari tiga ahli memperoleh rata-rata 91%. Artinya media METALIK layak digunakan dalam pembelajaran IPA kelas VI sekolah dasar. Hasil uji efektifitas kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat selisih yang cukup signifikan. Hasil perhitungan N-gain pada kelas eksperimen adalah 0,77 pada kategori tinggi. Sedangkan hasil perhitungan N-gain pada kelas kontrol adalah 0,21 pada kategori rendah. Hasil thitung 4,493 dalam ttabel dengan df 39 dan a = 5% maka diperoleh nilai 2,023. Dengan hasil thitung> ttabel. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa media METALIK dapat digunakan dalam pembelajaran IPA kelas VI SD.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., selaku dosen pembimbing I Dr. Edris Zamroni, M.Pd., selaku dosen pembimbing II
Kata Kunci: Media Pembelajaran, digital Interaktif, IPA
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 20:36
Last Modified: 06 Aug 2024 20:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21880

Actions (login required)

View Item View Item