Upaya meningkatkan motivasi ekstrinsik dalam belajar melalui bimbingan kelompok siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tambakromo Pati Tahun Pelajaran 2012/2013

Lestariningsing, Widodo (2013) Upaya meningkatkan motivasi ekstrinsik dalam belajar melalui bimbingan kelompok siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tambakromo Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (184kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstrak

Lestariningsih, Widodo. 2013. Upaya Meningkatkan Motivasi Ekstrinsik Dalam Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tambakromo Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: (i) Drs. Sucipto, M.Pd, Kons., (ii) Dr. Sukiman, M.Pd. Kata Kunci : Motivasi ekstrinsik, Bimbingan Kelompok. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti pada kelas VIII SMP Negeri 2 Tambakromo Pati diperoleh hasil yang menunjukkan motivasi ekstrinsik belajar siswa masih rendah sehingga diperlukan upaya bantuan melalui layanan bimbingan kelompok. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi ekstrinsik dalam belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tambakromo Pati tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan motivasi ekstrinsik dalam belajar sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tambakromo Pati tahun pelajaran 2012/ 2013, 2. Diperolehnya peningkatan motivasi ekstrisik melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tambakromo Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis: Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan-masukan yang berharga yang berupa konsep-konsep mengenai motivasi ekstrinsik belajar. Dan juga dapat digunakan sebaghai referensi khususnya dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan untuk perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan.2. Kegunaan Praktis: a. Bagi guru pembimbing sebagai bahan acuan untuk melaksanakan layanan bimbingan konseling dengan sungguh-sungguh, dan mengetahui betapa pentingnya layanan konseling bagi siswa khususnya layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa, b. Bagi siswa yaitu dengan menyadari akan kekurangan yang ada pada dirinya, siswa akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki segala kelemahan dan kesulitan belajar yang dihadapi melalui bimbingan dan motivasi. Karena siswa telah termotivasi maka mereka akan menggerakkan daya upaya untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik. Hipotesis penelitian adalah ada peningkatan motivasi ekstrinsik dalam belajar pada siswa kelas VIII SMP negeri 2 tambakromo pati tahun pelajaran 2012/2013 melalui layanan bimbingan kelompok. Tempat penelitian ini di SMP Negeri 2 Tambakromo Pati pada bulan Mei 2013 dengan subjek penelitian 10 siswa kelas VIII. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara. Penelitian ini adalah PTBK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus 3 kali pertemuan. Analisis data menggunakan diskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi ekstrinsik belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tambakromo Pati tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini terbukti bahwa kondisi motivasi ekstrinsik siswa sebelum diberi tindakan bimbingan kelompok berdasarkan kelima aspek yang diteliti dapat diuraian dengan rata-rata kurang, 1 siswa mendapat kategori cukup (10%), 7 siswa mendapat kategori kurang (70%), dan 2 siswa dengan kategori sangat kurang (20%). Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan metode diskusi dan tanya jawab dengan angggota kelompok selama tiga kali pertemuan maka kondisi motivasi ekstrinsik belajar siswa pada siklus I meningkat dengan rata-rata cukup, dapat dilihat dengan adanya 2 siswa dengan kategori baik (20%), 5 siswa dengan kategori cukup (50%), dan 3 siswa dengan kategori kurang (30%). Peningkatan itu juga terjadi pada siklus II, 1 siswa mendapat kategoti sangat baik (10%), 6 siswa dengan kategori baik (60%), dan 3 siswa dengan kategori cukup (30%). Saran yang diajukan: 1) Bagi guru pembimbing, dalam upaya meningkatkan motivasi ekstrinsik belajar siswa, sebaiknya dengan melaksanakan layanan bimbingan konseling terutama bimbingan kelompok. Berdasarkan penelitian yang sudah dilaksanakan hendaknya harus memperhatikan dan meningkatkan kegiatan bimbingan kelompok pada tahap inti karena pada tahap itulah yang menentukan berhasil atau tindaknya kegiatan yang dilaksanakan sehingga berdampak pada meningkatnya motivasi ekstrinsik belajar siswa. 2) siswa, motivasi ekstrinsik belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tambakromo Pati telah terbukti meningkat setelah diberikan bimbingan kelompok. Untuk itu siswa harus mampu bersaing dengan teman dikelasnya, perpendapat dalam suasana kelompk sehingga dapat meningkatkan motivasi ekstrinsik yang ada pada dirinya. 3) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan mampu mengembangkan aspek-aspek yang menjadi indikator keberhasilan dalam pelaksanaan penelitian dan mengembangkan metode bimbingan kelompok secara kreatif dan inovatif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Sucipto, M.Pd. Kons
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Feb 2014 07:07
Last Modified: 25 Feb 2014 07:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item