Aplikasi pembelajaran untuk penyandang disleksia dan diskalkulia berbasis android

Adi Pratama, Maulana (2024) Aplikasi pembelajaran untuk penyandang disleksia dan diskalkulia berbasis android. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul.pdf]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1 TA.pdf]
Preview
Text
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2 TA.pdf] Text
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3 TA.pdf] Text
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4 TA.pdf] Text
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5 TA.pdf] Text
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Lampiran TA.pdf] Text
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka TA.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Surat Pernyataan.pdf] Text
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Kecenderungan anak enggan belajar membaca, menulis dan berhitung memerlukan terobosan media pendidikan yang mendorong pembelajaran membaca, menulis dan berhitung. Selain itu, belum banyak media pembelajaran yang memungkinkan terapi membaca untuk anak disleksia dan terapi berhitung untuk anak diskalkulia. Media adalah alat yang dapat menunjang pembelajaran. Penggunaan smartphone di kalangan anak-anak dapat mempermudah pembelajaran dengan menggunakan aplikasi android diharapkan dapat membantu pengajar di sekolah disleksia dan diskalkulia dengan fitur dari android yang berupa visual dan audio. Gangguan belajar spesifik adalah suatu kondisi dimana seorang anak mengalami ketidakmampuan belajar, yang disebabkan oleh gangguan pada proses belajar otak dan dapat berupa gangguan sensorik (penglihatan atau pendengaran), gangguan otak. Hal ini bukan berarti anak diskalkulia dan disleksia tidak dapat disembuhkan dan tidak dapat membaca atau berhitung, namun permasalahan muncul karena kurangnya perhatian yang diberikan kepada anak dengan kedua disabilitas tersebut. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi seperti smartphone sangat luar biasa di Indonesia, dan smartphone menjadi semakin populer di masyarakat modern. Dalam pembuatan penelitian ini digunakan 2 metode, metode SDLC digunakan untuk pengembangan aplikasi yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah secara efektif dan metode Multisensori digunakan untuk pembelajaran yang diterapkan pada aplikasi android dikarenakan dapat mencakup semua yang dibutuhkan dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Ratih Nindyasari S.Kom., M.Kom. 2. Alif Catur Murti S.Kom., M.Kom.
Kata Kunci: Android, Smartphone, Disleksia, Diskalkulia, Audio, Visual, SDLC, Multisensori.
Subjects: Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Teknologi Informasi
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Aug 2024 23:28
Last Modified: 20 Aug 2024 23:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22224

Actions (login required)

View Item View Item