PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KAPIKO SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN KONJUNGSI BAHASA INDONESIA

Setiawaty, Rani and Alfiandi, Muhammad Noor and Lestari, Puji and Alhamdani, Muh Haidir Yusuf and Astuti, Lisa Dwi and Izharifa, Febrisa Rifda PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KAPIKO SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN KONJUNGSI BAHASA INDONESIA. Pedagogik, 12 (2). ISSN 2685-5461

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KAPIKO SEBAGAI SARANA ARTIKEL PEMBELAJARAN KONJUNGSI BAHASA INDONESIA]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KAPIKO SEBAGAI SARANA ARTIKEL PEMBELAJARAN KONJUNGSI BAHASA INDONESIA)
Artikel PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KAPIKO SEBAGA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of HASIL TURNITIN ARTIKEL]
Preview
Text (HASIL TURNITIN ARTIKEL)
TURNITIN ARTIKEL JURNAL PEDAGOGIK.pdf - Accepted Version

Download | Baca Disini
Official URL: https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedago...

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengembangkan media pembelajaran berupa Kartu Pintar Konjungsi pada materi penggunaan konjungsi; 2) mengetahui respon peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran berupa Kartu Pintar Konjungsi untuk peserta didik kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD 2 Rejosari yang berjumlah 14 orang dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan guru kelas IV untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa Kartu Pintar Konjungsi untuk pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah; 1) telah dikembangkan media pembelajaran berupa Kartu Pintar Konjungsi; 2) kelayakan media pembelajaran Kartu Pintar Konjungsi yang telah dikembangkan adalah sangat layak dengan persentase 95,5% berdasarkan penilaian ahli media I dan 98,5% berdasarkan penilaian ahli media II; 3) hasil penilaian guru dengan persentase 92,5% termasuk dalam kriteria sangat layak; 4) hasil respon peserta didik dengan persentase 94,2% termasuk dalam kriteria sangat layak. Selanjutnya didapatkan nilai hasil pretest dan posttest sebesar 43,43 menjadi 75,93 atau dapat dikatakan hasil belajarnya naik sebesar 74%.

Item Type: Article
Kata Kunci: instructional media; conjunctions; Indonesian language learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Rani Setiawaty
Date Deposited: 24 Oct 2024 20:47
Last Modified: 24 Oct 2024 20:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22416

Actions (login required)

View Item View Item