Eksplorasi Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di SD 2 Kesambi Kudus

Setiawaty, Rani Eksplorasi Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di SD 2 Kesambi Kudus. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra,, 4 (3). ISSN 2807-7504

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Eksplorasi Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di SD 2 Kesambi Kudus]
Preview
Text (Eksplorasi Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di SD 2 Kesambi Kudus)
artikel Eksplorasi Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di SD 2 Kesambi Kudus.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of HASIL TURNITIN ARTIKEL]
Preview
Text (HASIL TURNITIN ARTIKEL)
TURNITIN ARTIKEL DEISTIS.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
Official URL: https://dmi-journals.org/deiktis

Abstrak

Tujuan penulisan artikel ini adalam mengeksplorasi media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SD 2 Kesambi dan respon siswa terhadap pemanfaatan media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Data penelitian berupa hasil wawancara, observasi, angket/respon siswa, dan dokumentasi media pembelajaran yang digunakan dalam keterampilan berbicara. Subjek penelitian adalah 46 siswa kelas V dan VI. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif dengan model interaktif Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbicara dibagi menjadi empat macam, yaitu media yang dapat didengar (audio), media yang dapat dilihat (visual), media audiovisual, dan multimedia. Kedua, Berdasarkan hasil respon siswa menunjukkan bahwa 100% siswa tertarik dan setuju dengan adanya media pembelajaran keterampilan berbicara dapat membantu pemahaman materi yang disampaikan guru. Sebanyak 42% siswa senang jika guru menggunakan media multimedia, 38% siswa senang jika guru menggunakan media audiovisual 12% siswa senang jika guru menggunakan media visual, 8% siswa senang jika guru menggunakan media audio. Adapun, manfaat yang didapatkan siswa dengan adanya media pembelajaran keterampilan berbicara yakni sebanyak 68% dapat meningkatkan rasa percaya diri, 20% dapat membantu menyampaikan ide ketika berbicara, 12% membantu penguasaan audiens.

Item Type: Article
Kata Kunci: eksplorasi, media pembelajaran; keterampilan berbicara; respon siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Rani Setiawaty
Date Deposited: 28 Oct 2024 20:01
Last Modified: 28 Oct 2024 20:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22417

Actions (login required)

View Item View Item