MENINGKATKAN PERILAKU KOOPERATIF MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X-7 SMA 1 GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Hidayati, Wahyu Nur (2013) MENINGKATKAN PERILAKU KOOPERATIF MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X-7 SMA 1 GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (127kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstrak

Hidayati, Wahyu Nur. 2013. Meningkatkan Perilaku Kooperatif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Progran Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing (I) Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons., (II) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Kata kunci : Perilaku Kooperatif, Layanan Bimbingan Kelompok. Bahwa didalam proses kehidupan manusia tidak dapat terhindar dari perkembangan kehidupan sosial dan berinteraksi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada konselor sekolah di SMA 1 Gebog Kudus diperoleh hasil yang menunjukkan masih banyaknya siswa yang kurang dalam perilaku kooperatif sehingga diperlukan upaya bantuan melalui layanan bimbingan kelompok. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah Layanan Bimbingan Kelompok dapat Meningkatkan Perilaku Kooperatif Siswa Kelas X-7 SMA 1 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku kooperatif siswa sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok dan untuk menemukan seberapa besar peningkatan perilaku kooperatif siswa sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X-7 SMA 1 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Secara teoritis, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam pengembangan konsep layanan bimbingan dan konseling, 2. Secara praktis, 1. Bagi konselor sekolah Untuk dapat digunakan sebagai panduan oleh konselor sekolah dalam memberikan layanan bimbingan kelompok untuk membantu siswa yang mengalami perilaku kooperatif/kerjasama rendah. 2. Bagi siswa Memperoleh peningkatan perilaku kooperatif terutama siswa kelas X-7 SMA 1 Gebog Kudus, c. bagi peneliti Untuk dijadikan panduan dalam rangka memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Hipotesisnya penelitian ini adalah “Layanan Bimbingan Kelompok dapat Meningkatkan Perilaku Kooperatif Siswa Kelas X-7 SMA 1 Gebog Kudus tahun pelajaran 2012/2013”. Subjek penelitian berjumlah 8 siswa kelas X-7 yang memiliki perilaku kooperatif rendah yang diperoleh melalui observasi peneliti dan konselor sekolah. Variable penelitian: variable X (layanan bimbingan kelompok) dan variable Y (perilaku kooperatif). Metode pengumpulan data menggunakan metode pokok observasi, metode pendukung wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang dilanjutkan refleksi pada tiap siklus. Penelitian ini adalah PTBK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak 2 siklus (siklus I dan siklus II), setiap siklus 3 kali pertemuan membahas 3 materi setiap siklusnya dengan alokasi waktu 90 menit per pertemuan (2 jam pelajaran). Berdasrkan hasil pengamatan dan observasi pada kondisi awal ada 8 siswa yang perilaku kooperatifnya dalam kategori sangat kurang. Pra layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku kooperatif siswa dengan rata-rata skor 23,3% (sangat kurang), setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus I hasil rata-rata skor 45,3% (kurang), dari hasil survei awal perilaku kooperatif sampai siklus I ada peningkatan (22%). Pada siklus II hasil rata-rata skor menjadi 67,8% (baik), dari hasil layanan bimbingan kelompok siklus I sampai siklus II ada peningkatan (22,5%). Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan perilaku kooperatif pada siswa kelas X-7 SMA 1 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada bulan Mei sampai Juni 2013 dalam dua siklus PTBK, disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan perilaku kooperatif pada siswa kelas X-7 SMA 1 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah hendaknya membeikan fasilitas yang dapat menunjang pelaksanaan program bimbingan dan konseling dalam turut mengetahui dan mengembangkan kemampuan siswa di bidang pribadi, social, belajar, karir, maupun keagamaan. 2. Bagi Konselor sekolah hendaknya lebih meningkatkan pelaksanaan program bimbingan dan konseling. 3. Siswa hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan fungsi bimbingan dan konseling di sekolah seperti layanan bimbingan kelompok untuk membantu mereka dalam memecahkan persoalan dan permasalahan yang dialami oleh siswa

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing:Dra.Sumarwiyah,M.Pd,Kons.
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Mar 2014 03:22
Last Modified: 27 Mar 2014 03:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item View Item