SUSWATI, SRI The cohesion and coherence analysis in the report text written by students individually and collaboratively at smk duta karya kudus academic year 2022/2023. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kohesi dan koherensi penulisan laporan bahasa Inggris yang dihasilkan oleh siswa. Menulis kolaboratif dan menulis secara individu adalah pendekatan yang dapat diterapkan guru untuk mendukung perkembangan menulis siswa mereka. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggali kohesi teks laporan dan koherensi yang dihasilkan oleh siswa secara kolaboratif maupun individu. Dilaksanakan pada 2 kelas sebelas di SMK Duta Karya Kudus. Data dikumpulkan melalui tulisan laporan siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teori yang diperkenalkan oleh Halliday dan Hasan (1976). Analisis ini berkaitan dengan: kohesi gramatikal (referensi, substitusi, ellipsis, konjungsi), kohesi leksikal (pengulangan dan kolokasi) dan aspek koherensi yang ditemukan dalam tulisan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa menghasilkan lima jenis perangkat kohesif untuk melayani koherensi tulisan mereka yang mana referensi 54% pada penulisan secara individu dan 30% pada penulisan berkelompok. Kemudian diikuti konjungsi 28% pada penulisan secara individu dan 36% pada kelompok, substitusi 2% pada penulisan secara individu dan 4% pada kelompok, kolokasi 4% pada penulisan secara individu dan 14% pada kelompok, elipsis 6% pada penulisan secara individu dan 2% pada kelompok, dan reiterasi 6% pada penulisan secara individu dan 9% pada kelompok; kemudian siswa menghasilkan koherensi laporan melalui pengembangan tema, dan struktur generik; berikutnya beberapa masalah koherensi yang diidentifikasi adalah masalah dengan referensi (pribadi, demonstratif), konjungsi (aditif, adversatif, kausal, temporal) dan pilihan terbatas item leksikal. Permasalahan lainnya adalah kurang fokusnya siswa dalam memilih kata untuk dijadikan kalimat yang bisa saling berhubungan dan mempunyai makna yang berarti bagi pembacanya. Oleh karena itu diharapkan peserta didik bisa dimotivasi dan difasilitasi agar bisa menghasilkan tulisan yang bagus dan bisa mengembangkannya dengan menerapkan berbagai kelengkapan kohesi dan koherensinya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen pembimbing 1 : Dr. Diah Kurniati, S.Pd, M.Pd, Dosen pembimbing 2 : Dr. Drs. A. Hilal Madjdi, M.Pd., |
Kata Kunci: | Kohesi, Koherensi, Teks laporan, Penulisan Individu, Penulisan Kolaboratif. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Bahasa dan sastra > Sastra Inggris |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 18:33 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 18:33 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
