Lestari, Liza Tri Peningkatan disiplin waktu masuk sekolah dengan bimbingan kelompok teknik home room kelas xi sma n 1 nalumsari. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Tujuan bimbingan kelompok dengan teknik home room sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik home room dalam meningkatkan kedisiplinan waktu siswa di SMA N 1 Nalumsari. 2. Mendeskripsikan tingkat perubahan kedisiplinan waktu siswa setelah dilaksanakannya bimbingan kelompok Teknik home room kelas XI SMA N 1 Nalumsari Disiplin waktu merupakan sikap sadar aturan yang menyatu pada diri seseorang yang ditunjukkan melalui perilaku sehari-hari serta dapat menentang ketidak teraturan waktu seseorang melalui kesadaran akan kewajiban dalam menyikapi waktu. Disiplin waktu sangat diperlukan terutama dalam dunia Pendidikan tak terkecuali pada siswa SMA N 1 Nalumsari. Namun pada kenyataanya masih banyak siswa yang memiliki disiplin waktu yang rendah di sekolah. hal ini dapat dilihat pada penelitian ini oleh karena itu peneliti ingin meningkatkan sikap disiplin waktu siswa menggunakan bimbingan kelompok teknik home room. Metode penelitian tindakan bimbingan konseling ini dilakukan pada kelas IX di SMA N 1 Nalumsari dengan subjek penelitian 8 orang siswa dengan 2 siklus setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan penelitian ini memperoleh hasil, nilai kedisiplinan masuk sekolah meningkat sebesar 39 skor dihitung mulai dari berhasil pra siklus hingga siklus kedua titik skor pra siklus memperoleh rata-rata sebesar 37 dengan predikat sangat kurang sedangkan setelah dilakukannya penelitian skor kedisiplinan siswa mencapai 76 dengan kategori baik dari hasil tersebut menunjukkan bahwasanya kenaikan skor memenuhi syarat minimal dalam penelitian ini. Komponen kedisiplinan masuk sekolah mengarah pada kesimpulan bahwa penelitian ini sudah cukup. Simpulan pada penelitian ini adalah pada saat melaksanakan siklus 1 menghasilkan rata-rata skor sebesar 62 dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa kedisiplinan masuk sekolah dapat meningkat setelah diadakannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik home room di SMA Negeri 1 Nalumsari setelah diadakannya siklus kedua kedisiplinan waktu masuk sekolah meningkat sebesar 76 dengan kategori baik. Hal ini membuktikan bahwasanya bimbingan kelompok teknik home room dapat meningkatkan sikap disiplin waktu masuk sekolah siswa. Penelitian bimbingan kelompok menggunakan teknik home room dalam Meningkatkan kedisiplinan waktu masuk sekolah diharapkan dapat diterapkan oleh guru BK di sekolah tersebut sehingga hasil yang didapat pun lebih optimal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen pembimbing 1 : Dr. Agung Slamet Kusmanto, S.Pd., M.Pd. Dosen pembimbing 2 : Dr. Indah Lestari, S.Pd., M.Pd, |
Kata Kunci: | 125 DAFTAR PUSTAKA Aguayo Torrez, M. V. (2021). Pemberian Sanksi (Hukuman) Terhadap Siswa Terlambat Masuk Sekolah Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Disiplin. 2(1), 236–245. Anisah, L. (2016). Kompetensi Profesional Konselor Dalam Penyelenggaraan Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling. 2(1), 1–23. Dakhi, A. S. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa (cetakan 1). Deepublish publisher. Dara Sastama, G., Muslim, M., & Djannah, W. (2017). Keefektifan Homeroom untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa SMP. CONSILIUM : Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling First Published, 5(1). http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/counsilium Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057 Fiara, A., Nurhasanah, & Bustamam, N. (2019). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Tidak Disiplin pada Siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(1), 1–6. Harjanty, R., & Mujtahidin, S. (2022). Menanamkan Disiplin Pada Anak Usia Dini. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 271–286. https://doi.org/10.55681/nusra.v3i1.157 Hartati, F. W. S. (2019). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Datang Tepat Waktu di Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas 13. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15–22. Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163 Hidayat, F., Zamroni, E., & Sucipto, S. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Sikap Anti Seks Bebas. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v1i2.3440 126 Ilahi, R., Syahniar, S., & Ibrahim, I. (2013). Faktor yang Mempengaruhi Pelanggaran Disiplin Siswa dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan & Konseling. Konselor, 2(2), 20–25. https://doi.org/10.24036/02013221722- 0-00 Juraida. (2016). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Ketakwaan Siswa Terhadap Tuhan yang Maha Esa di Mts Negeri Mulawarman Banjarmasin . Jurnal Mahasiswa BK, 2(1), 35–61. Kurniawan, A., & Agustang, A. (2022). Faktor Penghambat tingkat kedisiplinan Siswa di SMAN 1 BANTAENG. 1(3), 120–126. Lestari, I. T., & Elisabeth Christiana, S. Pd, M. P. (2018). Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Jurnal BK UNESA, 381–386. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk�unesa/article/view/24670 Lilliek Suryani. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. E�Jurnalmitrapendidikan.Com, 1(1), 114. Lolang, En. (2014). ) yaitu hipotesis yang akan diuji. Biasanya, hipotesis ini merupakan pernyataan yang menunjukkan bahwa suatu parameter populasi memiliki nilai tertentu. Jurnal Kip, 3(3), 685–696. Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 253–260. Mayang, sari L. (2018). Metodologi Penelitian (cetakan pe). Deepublish publisher. Melati, T., Sobari, T., & Septian, M. R. (2023). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Mencegah Perilaku Bullying Peserta Didik Di Sman 1 Sindangkerta. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 6(3), 201–212. https://doi.org/10.22460/fokus.v6i3.10094 Muhammad, R., & Zarina, A. (2020). Implementasi Teknik Home Room Melalui Layanan Bimbngan Kelompok Dalam Melatih Kepercayaan Diri Siswa SMA Negeri 1 Sitolu Ori Nias Utara. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan 127 Konseling, 6(2), h. 183. https://jurnal.ar�raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/6827 Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin - Google Books. In T. Hikam (Ed.), Nusa Media. Nusa media. https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Karakter_Disiplin/9BVt EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=penyebab+siswa+kurang+disipiln+dalam +belajar&pg=PA20&printsec=frontcover Nasharuddin. (2019). Penerapan Dinamika Kelompok Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Interpersonal dalam Berdiskusi pada Siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 48–54. Nasution, S. (2017). Variabel penelitian. Raudhah, 05(02), 1–9. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/182 Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105 Padil, & Nashruddin. (2021). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sekolah. Padil & Nashruddin |, 25, 25–36. Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, 147(March), 11–40. Prasetyo, E. (2017). Sistem Informasi Dokumentasi dan Kearsipan Berbasis Client-Server Pada Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu, 7(2), 1–10. http://jurnal.polsky.ac.id/index.php/tips/article/download/101/97/ Prayitno, Afdal, Ifdil, Z. A. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok. Ghalia Indonesia. Prayitno. (1995). Layanan bimbingan dan konseling kelompok (Dasar dan profil). Ghalia Indonesia. Prayitno, & E. A. (2015). dasar dasar bimbingan dan konseling (cetakan ke). PT Reneka Cipta. 128 Purwanti, I. Y. (2020). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699. Rahmatyana, N., & Irmayanti, R. (2020). Teknik Modeling Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Perencanaan Karier Siswa Sma. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(2), 61. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i2.4916 Riwana, P. P., Syahril, Irsyad, & Sulastri. (2021). Kedisiplinan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di SMK N 6 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4349–4357. Romawati Sumarginingsih Arifah, & Muridan Hadi. (2020). Aktualisasi Layanan Bimbingan Kelompok Untukmembangun Konsep Diri Yang Positif Pada Siswa. Jurnal BimbinganKonseling dan Psikologi Pendidikan, 1(1), 13–20. Romlah., T. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Konseling. Universitas Negeri Malang. Roshita, I. (2014). Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling. Jurnal Penelitian Tindak Kelas, 16(2), 2–7. Sigit Hermawan, & Amirullah. (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif. Soewarno, Hasmiana, F. (2016). Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Unsyiah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah, 1(1), 21–30. Syamsudin, A. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (informal) untukMenjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia D. 413. Tarigan, E. B. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas Vii-3 Smp Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 15(3), 272–282. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa Titik, N. I. (2019). Pengembangan instrumen pengukuran disiplin siswa. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 7(1), 46–55. 129 https://doi.org/10.30738/wd.v7i1.3733 Tulus. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa (Kristiadi Wibowo (ed.); 1 ed.). PT Grasindo. Utari, N. D., Ulfah, M., & Warneri, W. (2019). Analisis faktor penyebab ketidakdisiplinan siswa di SMA Santun Untan Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–10. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/31750/75676580406 Widi, E., Saraswati, P., & Dayakisni, T. (2017). Kedisiplinan Siswa Siswi SMA Ditinjau dari Perilaku Wajib Lima Waktu. Jurnal Psikologi Islam, 4(2), 135– 150. http://jpi.api-himpsi.org/index.php/jpi/article/view/45 Widyastuti, N. melisa A., & Muhliawati, Y. (2020). Meningkatkan Disiplin Siswa Kelas Xi Tkj a Smk Negeri 1 Wanayasa Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Home Room. 519–527. Wigati, S. (2019). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswakelas X-Ipa Sma Negeri 15 Semarang. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 22. https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.22-26 Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540 Zaki, M., & Saiman, S. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 115–118. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i2.216 |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 19:08 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 19:08 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
