LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS X PM 3 SMK N 1 KUDUS

Subiyakto, Noval Tiyan (2013) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS X PM 3 SMK N 1 KUDUS. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (399kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (48kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstrak

Subiyakto, Noval Tiyan. 2013. “Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konformitas Teman Sebaya Pada Siswa Kelas X PM 3 Di SMK N 1 Kudus Tahun 2012/2013”. Skripsi Bimbingan dan Konseling Dosen Pembimbing: 1. Dra. Sumarwiyah, M.Pd,Kons. 2. Drs. Arista Kiswantoro. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Konformitas Teman Sebaya Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK N 1 Kudus pada kelas X PM 3 dari 38 siswa, 8 diantara siswa tersebut tidak menunjukan adanya konformitas teman sebaya. Dari temuan tersebut dapat dikatakan siswa yang demikian perlu untuk meningkatkan konformitas dengan teman sebayanya, sehingga perlu upaya untuk meningkatkannya melalui layanan bimbingan dan konseling. Rumusan masalah : “Apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan konformitas teman sebaya pada siswa kelas X PM 3 di SMK N 1 Kudus tahun pelajaran 2012/2013?”. Tujuan penelitian adalah memperoleh hasil deskripsi konformitas teman sebaya pada siswa sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok dan memperoleh besar peningkatan konformitas teman sebaya pada siswa kelas X PM 3 di SMK N 1 Kudus sesudah layanan bimbingan kelompok. Adapun manfaat penelitian ini adalah:1. Teoritis: Dapat memberikan kontribusi terhadap layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan konformitas teman sebaya sehingga dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan disekolah khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling. 2.Praktis, a. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai penentuan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah.membantu siswa agar dapat menemukan kenyamanan dalam berteman dan tidak memilih-milih teman. b. Penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami konformitas. c. Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling dapat bermanfaat bagi siswa. Memperoleh peningkatkan hubungan antar teman sebaya sehingga siswa dapat menemukan kenyamanan dalam berteman dengan teman-teman sebayanya. Dalam penelitian mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan konformitas dan bimbingan kelompok. Konformitas merupakan kenyamanan dalam berteman, sedangkan bimbingan kelompok merupakan layanan yang digunakan untuk membantu mengatasi masalah yang dihadapi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah dengan pemanfaatan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan konformitas teman sebaya pada siswa X PM 3 di SMK N 1 Kudus tahun ajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian ini adalah PTK BK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak dua siklus, setiap siklus sebanyak tiga kali pertemuan. Variabel dalam penelitian ini adalah ; variabel X (bimbingan kelompok) sedangkan variabel Y (konformitas dengan teman sebaya). Berdasarkan hasil penelitian pada observasi 10 aspek penilaian peningkatan konformitas dengan teman sebaya, dapat dikatakan bahwa melalui layanan bimbingan kelompok konformitas dapat meningkat lebih baik. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum tindakan dan siklus yang memperlihatkan bahwa konformitas teman sebaya siswa mengalami perkembangan rata-rata yaitu pada sebelum bimbingan kelompok 19.9, pada siklus I 34 dan pada siklus II 43,7. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian tindakan bimbingan dan konseling yang berbunyi : “Layanan Bimbingan Kelompok dapat meningkatkan konformitas teman sebaya pada siswa di SMK N 1 Kudus Tahun 2012/2013”. Dapat teruji kebenaranya, hal ini nampak dengan adanya peningkatan setiap siklusnya dari kategori kualitas layanan cukup, baik menjadi kategori kualitas layanan sangat baik. Saran yang diberikan (1) Bagi sekolah hendaknya memberikan cara pembelajaran yang mudah di mengerti siswa, guna memajukan sekolah khususnya SMK N 1 Kudus. (2) Bagi Guru Pembimbing, Hendaknya selalu mengadakan kerja sama secara tindakan preventif, kuratif, dan development untuk membantu siswa yang mengalami masalahnya. (3) bagi siswa, Kepada siswa, hendaknya selalu memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling yang dapat membantu memecahkan masalahnya, serta menindaklanjuti kesepakatan yang telah disetujui bersama dalam melaksanakan bimbingan dan konseling.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing:Dra.Sumarwiyah,M.Pd,Kons.
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Mar 2014 03:21
Last Modified: 27 Mar 2014 03:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2260

Actions (login required)

View Item View Item