UPAYA MENINGKATKAN SOPAN SANTUN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS VII B SMP 5 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013

Nandiroh, Umi Khitatun (2013) UPAYA MENINGKATKAN SOPAN SANTUN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS VII B SMP 5 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
Halaman_judul.pdf - Accepted Version

Download (640kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I_rtf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II_rtf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III_rtf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV_rtf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V_rtf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI_rtf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf - Accepted Version

Download (136kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Nandiroh, Umi Khitatun. 2013. Upaya Meningkatkan Sopan Santun Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas II B SMP 5 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: (1) Drs. Masturi, MM., (2) Drs. Susilo Rahardjo, M. Pd. Kata Kunci: Sopan Santun; Layanan Bimbingan Kelompok. Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas VII B SMP 5 Kudus mengalami penurunan sopan santun, seperti sebagian siswa ada yang memanggil teman tidak sesuai nama, berbicara dengan teman menggunakan kata-kata kotor, saat bertemu guru siswa bersikap diam tanpa menyapa, sebagian siswa masih duduk di atas meja padahal ada bapak/ibu guru berjalan di depannya, dan tidak permisi saat lewat di depan orang tua. Rumusan masalah yang akan diteliti: seberapa besar bimbingan kelompok dapat meningkatkan sopan santun siswa kelas VII B SMP 5 Kudus tahun pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah: diperolehnya deskripsi tentang sopan santun sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok siswa kelas VII B SMP 5 Kudus tahun pelajaran 2012/2013 dan diperolehnya peningkatan sopan santun melalui layanan bimbingan kelompok. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritik: Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan teori tentang bimbingan kelompok dalam proses pembelajaran siswa di sekolah, khususnya dalam meningkatkan sopan santun siswa, dan memberikan manfaat bagi pengembangan dalam bidang bimbingan dan konseling. 2. Kegunaan Praktis: 1) Memberi masukan kepada Kepala Sekolah tentang layanan bimbingan kelompok sehingga dapat dijadikan sebagai usaha untuk meningkatkan sopan santun siswa. 2) Dapat digunakan sebagai pegangan atau pedoman melaksanakan layanan bimbingan kelompok dalam upaya meningkatkan sopan santun siswa 3) Dapat digunakan oleh sekolah atau kepala sekolah untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. 4) Untuk dijadikan bahan kajian peneliti berikutnya. Dalam penelitian ini membahas tentang hasil penelitian tindakan kelas tentang sopan santun dan layanan bimbingan kelompok. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan sopan santun siswa kelas VII B SMP 5 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B, sebanyak 8 siswa yang mempunyai sopan santun rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan sopan santun (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 45 menit (1 jam pelajaran). Berdasarkan hasil observasi layanan bimbingan kelompok pada sikus I, perilaku sopan santun siswa dalam kategori cukup dengan skor rata-rata 55,25%. Sedangkan pada siklus II perilaku baik siswa terus meningkat menjadi kategori baik dengan perolehan skor rata-rata 83,3%. Hasil observasi menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan sopan santun siswa SMP 5 Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan sopan santun siswa kelas VII B SMP 5 Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah hendaknya selalu memberi pengarahan tentang sopan santun kepada siswa dan guru sehingga dapat menunjang dalam meningkatkan layanan bimbingan dan konseling. 2. Konselor dapat memprogramkan layanan bimbingan kelompok untuk membentuk perilaku sopan santun siswa. 3. Siswa aktif memanfaatkan layanan bimbingan kelompok untuk membantu memecahkan persoalan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Drs. Masturi, MM
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Mar 2014 03:02
Last Modified: 01 Mar 2014 03:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2278

Actions (login required)

View Item View Item