Penerapan layanan konseling kelompok teknik self- management untuk mengurangi kecanduan game online mobile legends terhadap siswa kelas xii f-6 di sma negeri 2 kudus

RETNANINGSIH, PUTRI (2024) Penerapan layanan konseling kelompok teknik self- management untuk mengurangi kecanduan game online mobile legends terhadap siswa kelas xii f-6 di sma negeri 2 kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Kecanduan game online dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang melibatkan game online secara berlebihan. Sehingga, dapat membuat siswa tidak memperdulikan tugasnya yaitu belajar dan mengerjakan tugas karena sibuk bermain game online. Orang yang mengalami kecanduan bermain game online merasa kurang nyaman ketika berada tempat yang ramai sehingga akan menarik diri dari pergaulan sosialnya. Siswa lebih tertarik mengejar pencapaian misi dalam game dari pada aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui penerapan layanan konseling kelompok teknik self management untuk mengurangi kecanduan game online Mobile Legends pada peserta didik kelas XII F-6 SMA Negeri 2 Kudus. 2. Untuk mengetahui layanan konseling kelompok teknik self management efektif dalam mengurangi kecanduan game online Mobile Legends pada siswa kelas XII F-6 SMA Negeri 2 Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi-Experimental Design (Eksperimen-kuasi) dengan One-group Pretest-Posttest Design. Dalam desain One Group Pretest-Posttest yaitu desain penelitian dengan memberikan pretest terlebih dahulu sebelum melakukan layanan dan memberikan posttest setelah melakukan layanan untuk mengetahui hasilnya. Sehingga, hasil yang keluar lebih tepat dan benar karena merupakan hasil perbandingan keadaan sebelum dan keadaan sesudah layanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilakukan layanan konseling kelompok dengan teknik self-management (pre-test) siswa memiliki tingkat kecanduan game online mobile legends tinggi dengan rata-rata 98,5 dan setelah dilakukan layanan konseling kelompok dengan teknik self management (post-test) memiliki rata-rata 63,5 dengan selisih 35,5% yang berarti mengalami penurunan. Hasil interpretasi data statistik dalam uji Wilcoxon diperoleh signifikansi sebesar 0,028. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,028 < 0,05 sehingga hipotesisnya diterima. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok teknik self management efektif untuk mengurangi kecanduan game online mobile legends siswa kelas XII F-6 SMAN 2 Kudus. Kontribusi penelitian ini bagi BK adalah menambah wawasan dan ilmu bahwa teknik selfmanagement adalah salah satu metode yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan mengenai kecanduan game online.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Agung Slamet Kusmanto, S. Pd., M. Pd., Kons. Dosen Pembimbing: 2.Dra. Sumarwiyah, M. Pd, Kons.
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Self Management, Kecanduan Game Online Mobile Legends
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 May 2025 02:19
Last Modified: 14 May 2025 02:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23741

Actions (login required)

View Item View Item