ANGGITA ULIYANTI, ILANA (2024) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model problem based learning pada pembelajaran ipas kelas v sd berbantuan media augmented reality. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning menggunakan media Augmented Reality untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, aktivitas siswa, keterampilan mengajar guru pada pembelajaran IPAS kelas V SD. Berpikir kritis merupakan suatu proses berpikir mengenai ide atau gagasan yang terkait dengan permasalahan sehingga menghasilkan jawaban yang logis. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan suatu permasalahan untuk mencari solusi. Augmented Reality merupakan suatu teknologi 3 dimensi dengan menggabungkan benda maya dan nyata yang dapat membantu guru dalam menyampaikan hal-hal yang baru atau asing pada siswa. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus. Pada siklus I dan siklus II dilaksanakan dalam 2 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas V SD 1 Kaliwungu Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Teknik analisis data yaitu kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I diperoleh nilai 54,16 kualifikasi cukup dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh nilai 81,94 kualifikasi baik. Aktivitas siswa meningkat pada siklus I aspek sikap diperoleh nilai 55,39 kualifikasi cukup dan siklus II memperoleh nilai 78,48 kualifikasi baik. Aktivitas siswa aspek keterampilan siklus I memperoleh nilai 57,70 kualifikasi cukup lalu meningkat pada siklus II dengan memperoleh nilai 77,49 kualifikasi baik. Hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 46% dan meningkat pada siklus II dengan ketuntasan secara klasikal mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPAS berbantuan media Augmented Reality dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, serta kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas V SD 1 Kaliwungu.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Sekar Dwi Ardianti, M. Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Fina Fakhriyah, M. Pd. |
Kata Kunci: | Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning, Augmented Reality |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 May 2025 05:17 |
Last Modified: | 17 May 2025 05:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
