PRAMESTI MAHARANI, VIRKA ARDITYA (2024) Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media utawis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas v sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Proses pembelajaran yang masih sering digunakan saat ini guru masih menggunakan model pembelajaran ceramah yang hanya berfokus pada ucapan guru dan materi yang terdapat di buku atau bahan ajar. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD N 6 Jekulo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning menggunakan media UTAWIS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran IPAS kelas V SD. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah suatu model inovatif dalam pembelajaran yang mengajarkan siswa berfikir kritis dalam menyelesaikan suatu masalah dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki siswa dengan cara berkelompok. Berpikir kritis adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan suatu permasalahan agar dapat mengambil keputusan yang tepat dan logis serta dapat menyelesaikan maupun dalam memecahkan permasalahan tersebut. UTAWIS merupakan permainan ular tangga yang di dalamnya terdapat nomor-nomor yang saling berurutan dengan berbagai gambar “ular” dan “tangga” sebagai penghubungnya. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus. Pada siklus I dan siklus II dilaksanakan dalam 2 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas V SD N 6 Jekulo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Teknik analisis data yaitu kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I diperoleh skor 62,5 kualifikasi cukup dan meningkat sebesar 21 pada siklus II menjadi 83,5 kualifikasi baik. Hasil evaluasi peningkatan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada prasiklus, siklus I dan siklus II dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari siklus I sampai dengan siklus II yaitu meningkat dari 67,9 pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 83,63. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPAS berbantuan media UTAWIS dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD N 6 Jekulo.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen pembimbing: 1.Dr. Luthfa Nugraheni, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Media UTAWIS. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 02:11 |
Last Modified: | 19 May 2025 02:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
